ANALISIS KESIAPAN GURU KELAS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 029 SUMBER MAKMUR

Main Article Content

Sundari Ariyani
Mohammad Fauziddin
Yanti Yandri Kusuma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik di kelas satu SDN 029 Sumber Makmur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas satu, siswa kelas satu, dan kepala sekolah. Objek penelitian ini berupa bentuk untuk kesiapan guru kelas dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas satu sudah membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP. Pelaksanaan pembelajaran guru kelas satu sudah menggunakan pendekatan saintifik walau tidak urut  5M serta sudah mengacu rambu-rambu dan prinsip pembelajaran tematik. Guru kelas satu menggunakan penilaian autentik yang menilai aspek sikap dengan observasi, aspek pengetahuan dengan tes tertulis serta penugasan, dan aspek keterampilan dengan unjuk kerja

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ariyani, S., Fauziddin, M., & Kusuma, Y. (2019). ANALISIS KESIAPAN GURU KELAS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 029 SUMBER MAKMUR. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 767-772. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/280

References

Afifudin, dan Saebani, B. A. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Pustaka Setia.
Ahmadi, K. I, dan Amri, S. (2014). Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta : PT Prestasi Pustakaraya.
Amalia R. (2018). Analisis Kompetensi Guru dalam Pengelolaan Kelas di SDN 006 Langgini Bangkinang Kota, skripsi, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Skripsi Tidak Dipublikasikan.
Aziz, H. A. (2019). Karakter Guru Profesional. Jakarta Selatan : Al-Mawardi Prima.
Darmadi. (2018). Guru Abad 21 Perilaku dan Pesona Pribadi. Lampung Tengah : Geupedia.
Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta : Gava Media.
Fujiawati, F. S. (2015). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni. Vol 1, (1), (19).
Hasbullah. (2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Kadir, A, dan Asrohah, H. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Malawi, I, dan Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Jawa Timur : CV AE Media Grafika.
Meleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mudri, M. W. (2010). Kompetensi Guru Sebagai Pendidikan. Jurnal Falasifa. Vol 1, (1), (116).
Rahmat, S. R. (2009). Penelitian Kualitatif. Equilibrium. Vol 5, (9), (6).
Rahmawati, E. (2015). Kesiapan Guru Kelas dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif di SD Negeri Graula Kulon Progo, skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi Dipublikasikan.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Shabir, M. U. (2015). Kedudukan Guru sebagai Pendidikan. Auladuna. Vol 2, (2), (116).
Siregar, P. R, dan Hatika, R. G. (2019). Ayo Latihan Mengajar, Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar (Peerteaching dan Microteaching). Yogyakarta : Deepublish.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : ALFABETA.
Sukardjo. M, dan Komarudin, U. (2015). Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Sumarno. (2016). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangunkan Karakter Peserta Didik. Al Luhab. Vol 1, (7), (125).
Sya’bani, M. A. Y. (2018). Profesi Keguruan Menjadi Guru yang Religius dan Bermatabat. Gresik : Caremedia Communication.
Wildan. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan di Sekolah atau Madrasah. Jurnal Tatsqif. Vol 15, (2), (142).