Kreativitas Guru Pendidikan Jasmani dalam Memodifikasi Sarana dan Prasarana Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Muliadi Muliadi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2826

Keywords:

kreativitas, guru pendidikan jasmani, modifikasi, sarana dan prasarana

Abstract

Salah satu faktor penting dalam menunjang keberhasilan belajar pendidikan jasmani di sekolah adalah sarana dan prasarana, namun tidak dapat dipungkiri tersedianya sarana dan prasarana pembelajaran yang standar, tidak sedikit sekolah yang ada di Indonesia pada setiap jenjang pendidikannya, khususnya sekolah yang berada di perkotaan tidak memiliki lapangan untuk melakukan aktivitas jasmani. Walaupun ada, terkadang satu lapangan digunakan bersama-sama dengan sekolah lain. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa jumlahnya tidak proporsional dengan jumlah peserta didik. Salah satu usaha yang dapat dilakukan seorang guru pendidikan jasmani dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan memunculkan ide-ide kreativitasnya disertai dengan tindakan nyata untuk menciptakan pembelajaran pendidikan jasmani yang baik dan menarik dengan cara memodifikasi materi, peraturan atau sarana dan prasarana sehingga peserta didik termotivasi dan tujuan  pembelajaran  dapat  dicapai secara optimal.

 

References

Arman. (2014). Survei Sarana Prasarana Olahraga dengan Efektivitas Pembelajaran Penjasorkes SMP Negeri Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli. E-Journal Tadulako Physical Education, Health And Recreation (Volume 2, Nomor 6, Agustus 2014). Hlm 1-15.

Ester, Ade. (2013). Implementasi Modifikasi Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Tanjung Balai Tahun Ajaran 2012/ 2013. Karya Ilmiah. UNIMED.

Ezzaty, Rita Eka dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Lutan Rusli. (2000). Strategi Belajar Mengajar Penjaskes. Jakarta: Depdikbud.

Mahendro, Agus S. (2010). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia (Volume 7, Nomor 2, November 2010). Hlm. 41-49.

Munandar S. C. Utami (2011). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia.

Sarjono Bambang. (2010). Kreativitas Guru Penjasorkes dalam Memodifikasi Sarana dan Prasarana Pembelajaran di SD se-Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Saryono. (2008). Prinsip dan Aplikasi dalam Modifikasi Sarana dan Prasarana Penjas. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia (Volume 5, Nomor 1, April 2008). Hlm. 33-39.

Semiawan Conny R. (2010). Perkembangan dan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Depdikbud.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhawan, Andi. (2015). Tingkat Kreativitas Guru Penjasorkes dalam Menyikapi Keterbatasan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Penjas Melalui Modifikasi di SD se-Kecamatan Paliyan Kabupaten Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Sukintaka. (2001). Teori Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Esa Grafika.

Suryobroto. Agus. (2004). Diktat Matakuliah Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FIK UNY.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Utama, A.M. Bandi. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia (Volume 8, Nomor 1, April 2011). Hlm. 1-9.

Yusuf. (2014). Study Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri dalam Pelaksanaan Kurikulum Tingkat

Downloads

Published

19-01-2022

How to Cite

Muliadi, M. (2022). Kreativitas Guru Pendidikan Jasmani dalam Memodifikasi Sarana dan Prasarana Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 22–31. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2826

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check