METODE TALKING STICK TEKNIK JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG

Main Article Content

Fil Deni Riski
Mohammad Fauziddin
Yanti Yandri Kusuma

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan metode talking stick dengan teknik jarimatika untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa pada pelajaran matematika materi perkalian kelas II SDN 187 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini dilihat dari kemampuan awal siswa dan sesudah penerapan metode talking stick dengan teknik jarimatika berdasarkan kriteria keterampilan berhitung yaitu adanya peningkatkan keterampilan berhitung siswa. Metode penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN 187 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan cara: observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pembelajaran dan instrumen pengumpulan data. Instrumen pembelajaran terdiri dari silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran sedangkan instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi keterampilan berhitung siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode talking stick dengan teknik jarimatika terbukti dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa kelas II SDN 187 Pekanbaru, hal ini dapat dilihat dari 32 siswa pada kelas II. Pada pratindakan ketuntasan siswa adalah 12,5% atau 4 siswa yang tuntas, pada siklus I ketuntasan siswa adalah sebesar 40,625% atau 13 siswa yang tuntas, dan pada siklus II ketuntasan siswa adalah sebesar 84,375% atau 27 siswa yang tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Riski, F., Fauziddin, M., & Kusuma, Y. (2019). METODE TALKING STICK TEKNIK JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 790-795. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/283

References

Amiroh. (2009). Penggunaan model pembelajara cooperative learning metode talking stick. PT. Indragiri dot com Indonesia.
Jihad, Asep. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Maufur (2010). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Renika Cipta.
Neolaka Amos dan Grace Amialia A. Neolaka. (2017). Landasan pendidikan. Depok: Kencana.
Nyimas, Aisyah. (2007). Pengembangan pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Dikti.
Saifullah. (2010). Ragam Latihan Khusus Asah Ketajaman Otak Anak Plus Melejitkan Daya Ingatnya. Jokjakarta: Diva Press.
Suprijono. (2009). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Sinar Baru.
Tarmizi. (2010). Pengantar Metode Pengajaran. Jakarta: Purnama.
Tim Pustaka Phoenix. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Media Pustaka Phoenix.