Manajemen Strategi: Strategi Kepala Madrasah dalam Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di MTs Al-Washliyah KM. 6

Authors

  • Julia Sapira Wardani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • M. Hady Al Asy Ary Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • M. Rafly Aditya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Nurhasanah Silitonga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Ridha Amirah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2838

Keywords:

Manajemen Strategi, Sarana-Prasarana

Abstract

Sekolah sebagai penyedia layanan pendidikan bagi masyarakat perlu untuk terus mengembangkan kinerja dan kualitasnya, salah satunya adalah adanya sarana-prasarana penunjang proses belajar. Sarana-prasana ini perlu perhatian khusus dalam pengelolaannya, untuk itu seorang kepala sekolah harus memiliki skill manajemen yang mumpuni salah satunya adalah manajemen strategi. Sesuai dengan aturan pemerintah yang mengharuskan lembaga pendidikan agar wajib memiliki dan melengkapi kebutuhan sarana-pasarananya, semisal perabot, buku, media ajar dan bahan lainnya sebagai usaha meningkatkan kualitas pendidikan. Studi penelitian pada MTs Al-Wasliyah KM.6 akan mengulas bagaimana kepala madrasahnya membuat, mengembangkan dan menerapkan manajemen strategi dalam melakukan pengelolaan sarana-prasarana yang dimilikinya, mulai dari perencanaan, pengadaan, pemanfaatan, pemeliharaan, inventarisasi sampai penghapusan sarana-prasarana pendidikan.

 

References

Asiyai, R.I. “Assessing School Facilities in Public Secondary Schools in Delta State, Nigeria”. An International Multidisciplinary Journal, Ethiopia, 6(2), 2012: 192-205.

Assingkily, M.S. Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Lengkap Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: K-Media.

Barnawi, B. & Arifin, M. Manajemen Sarana dan Prasarana sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Darmawan, B. “Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan”. Jurnal Pelopor Pendidikan, 6(2), 2014: 94-102.

David, F.R. Manajemen Strategi: Konsep-Konsep. Jakarta: Indeks, 2004.

Gunawan, A.H. Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1996.

Huda, H., & Martanti, M. Pengantar Manajemen Starategik. Bali: Penerbit Jayapangus Press, 2014.

Imron, A. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Malang: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Malang, 2004.

Mulyadi, M. Sistem Akuntansi. Yogyakarta: Salemba Empat, 2011.

Mustari, M. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014.

Sutama, S. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Kartasura: Fairuz Media, 2012.

Tohirin, T. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Downloads

Published

19-01-2022

How to Cite

Wardani, J. S. ., Al Asy Ary, M. H. ., Aditya, M. R. ., Silitonga, N., & Amirah, R. . (2022). Manajemen Strategi: Strategi Kepala Madrasah dalam Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di MTs Al-Washliyah KM. 6. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 122–127. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2838

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check