Problematika Guru IPA dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di MIN Perdamaian Langkat

Authors

  • Tri Juniar Indah Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan , Indonesia
  • Aulia Rizki Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan , Indonesia
  • Ulfita Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Lailatussyifa Lailatussyifa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2848

Keywords:

IPA, Pembelajaran Daring, Problematika.

Abstract

Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana problematika yang dialami guru IPA di MIN Perdamaian Langkat dalam melaksanakan proses belajar mengajar selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek penelitian ini ialah kepala sekolah, guru IPA serta siswa-siswi di MIN Perdamaian Langkat. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder sebagai sumber data. Sedangkan alat pengumpulan data melalui interview/ wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang masa observasi, triangulasi, dan pengamatan secara seksama, dan mengadakan member and check agar informasi yang diperoleh dapat digunakan dalam penelitian sesuai dengan apa yang dimaksud informan. Berdasarkan hasil temuan, maka diperoleh hasil bahwa dalam melaksanakan pembelajaran masa pandemi Covid-19, ditemukan problematika yang di alami guru IPA yaitu akses jaringan internet yang tidak mamadai. Adapun solusi praktis guru IPA dalam menghadapi pandemi Covid-19 yakni dengan menerapkan pembelajaran secara luring dengan mengunjungi dari rumah ke rumah.

 

References

Akmalia, R. “Effect of Elimination of National Examination on Student Graduation Standard Assessment”. Jurnal Al-Irsyad, 11(1), 2021:46-57. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/view/9332.

Anwar, M. Filsafat Pendidikan. Jakarta: KENCANA, 2017.

Assingkily, M.S. Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Lengkap Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: K-Media, 2021.

Gurney, P. “Five Factorc for Effective Teaching”. New Zealand Journal of Teachers’ Work, 4(2), 2007: 89-98.

Hasyim, A. Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi, 2016.

Ruhimat, T., et.al. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Perada, 2013.

Rusman, R. Model-model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2012.

Sobron, A., Bayu, R., & Meidawati, M. “Student Perception In Online Learning Study Influences Interest in Science Learning”. SCAFFOLDING: Journal of Islamic Education and Multiculturalism, 1(2), 2019.

Surya, M. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung. Alfabeta, 2014.

Downloads

Published

19-01-2022

How to Cite

Indah Putri, T. J. ., Harahap, A. R. ., Sari, U. ., & Lailatussyifa, L. (2022). Problematika Guru IPA dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di MIN Perdamaian Langkat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 189–194. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2848

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check