Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan

Authors

  • Lesty Rahmadani Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Dina Marlina Sagala Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • M Aswardi Barokah Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2855

Keywords:

Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Variabel stuktur modal, ukuran pasar dan profitabilitas merupakan variabel dependen dalam penelitian. Sedangkan nilai perusahaan merupakan variabel independen dalam penelitian ini. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik penulisan berupa naratif review yang bersumber dari studi kepustakaan yang bersumber dari jurnal ilmiah, peraturan, dan lain sebagainya, yang relevan dengan fenomena yang dikaji. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.Dalam BEI, struktur modal digunakan bagi Pemeringkat Efek untuk menjalankan tugasnya sebagai pihak yang melakukan penilaian kemampuan bayar kembali surat hutang dan nilai perusahaan juga berguna untuk membantu masyarakat dalam mengetahui kekuatan tawar menawar saham. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas memiliki keterkaitan terhadap perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Hal ini disebabkan semakin tinggi profitabilitas yang dimiliki perusahaan, maka semakin baik pula nilai perusahaan tersebut sehingga menarik perhatian investor untuk berinvesi di perusahaan tersebut.

References

Ayu, Dea Putri dan A.A. Gede Suarjaya. 2017. Pengaruh Profitabillitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Mediasi pada Perusahaan Pertambangan. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 6, No. 2. Hal 1112-1138. Universitas Udayana.

Irawati, Dian Melsa, Sri Hermuningsih, dan Alfiatul Maulida. 2022. Analisis Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan: Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Sektor Industri Food and Beverages. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan, & Bisnis Syariah. Vo. 4, No. 3. Hal 813-827. Universitas Sarjanawiyata.

Komala, Putu Shiely, dkk. 2021. Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Likuiditas, Keputusan Investasi, dan Keputusan Pendanaan terhadap Nilai Perusahaan. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi). Vol 1, No. 1. Hal 40-50. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Prastuti, Ni Kadek Rai dan I Gede Merta Sudiartha. 2016. Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 5, No. 3. Hal 1572-1598. Universitas Udayana.

Ramdhonah, Z., Solikin, I., & Sari, M. 2019. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitablitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan. Vol. 7, No. 1. Hal 67-82. Universitas Pendidikan Indonesia.

Riyanto, Bambang. 2013. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. BPFE: Yogyakarta

Tunggal, Cecilia Audrey dan Ngatno. 2018. Pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran dan Umur Perusahaan sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus Tahun 2014-2016) pada Perusahaan Sub-Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol. 7, No. 2. Hal 141-157. Universitas Diponegoro.

Yuni, Lelly Wulan. 2022. Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Deviden sebagai Mediasi. Jurnal Cendikia Keuangan. Vol 1, No. 1. Universitas Islam Kediri.

Downloads

Published

20-01-2022

How to Cite

Rahmadani, L., Marlina Sagala, D., & Aswardi Barokah, M. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2160–2164. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2855

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check