Dampak Covid-19 dalam Hubungan Sosial Kemasyarakatan di Desa Bolatan Kec. Halongonan Timur Kab. Padang Lawas Utara

Authors

  • Sapta Arisma Indaresta Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Netti Sabrina Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Reny Silpia Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan , Indonesia
  • Nur Jannah Dalimunthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan , Indonesia
  • Riris Nurkholidah Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2863

Keywords:

Masyarakat, Pandemi Covid-19, Sosial

Abstract

Masyarakat Desa Bolatan selalu melakukan hubungan sosial dengan masyarakat lain atau kelompok-kelompok tertentu. Hubungan sosial yang terjadi antar masyarakat maupun antar kelompok tersebut juga dikenal dengan istilah interaksi sosial, pada gilirannya membentuk suatu sistem sosial dalam masyarakat. Kehadiran virus Covid-19 mengubah tatanan sosial kemasyarakatan. Disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang merajalela, kondisi dunia menjadi tidak stabil, tidak hanya disibukkan untuk mengatasi warga yang terpapar virus mematikan tersebut, efek lain dari Covid-19 ialah ketidakstabilan ekonomi dan berakibat fatal pada permasalahan sosial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memastikan dan membantu masyarakat dalam melaksanakan kegiatan sosial dengan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu observasi dan wawancara, kemudian data dianalisis secara kualitatif dengan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi.

 

References

Firdaus, F. Interaksi Sosial pada Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Penerbit Onong, 2020.

Gunawan, A.H. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Harahap, S.R. “Proses Interaksi Sosial di Tengah Pandemi Virus Covid-19”. AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya, 11(1), 2020:45-53. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/1837.

Prasetya, A., Nurdin, M.F., & Gunawan, W. “Perubahan Sosial Masyarakat dalam Perspektif Sosiologi Talcott Parsons di Era New Normal.” Sosietas, 11(1), 2021. https://ejournal.upi.edu/index.php/sosietas/article/view/36088.

Rohman, Y.F., & Faristiana, A.R. “Network Society, Dakwah, dan Perubahan Sosial di Era Pandemi Covid-19” Proceeding of Conference on Strengthning Islamic Studies in The Digital Era, 2021. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/50.

Soekanto, S. Sosiologi Suatu Pengantar Ringkas. Jakarta: CV. Rajawali, 2002.

Suyanto, J. Gender dan Sosialisasi. Jakarta: Nobel Edumedia, 2010.

Downloads

Published

20-01-2022

How to Cite

Indaresta, S. A., Harahap, N. S. ., Nasution, R. S., Dalimunthe, N. J. ., & Rambe, R. N. . (2022). Dampak Covid-19 dalam Hubungan Sosial Kemasyarakatan di Desa Bolatan Kec. Halongonan Timur Kab. Padang Lawas Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 270–273. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2863

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check