Pengenalan Manajemen Investasi dan Pasar Modal Bagi Mahasiswa/I Universitas Muhammadiyah Riau

Authors

  • Sri Mulyani Fahrin Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Annisa Novianti Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Auliyah Arifah Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2866

Keywords:

Bursa Efek Indonesia (BEI), Manajemen Investasi, Pasar Modal

Abstract

Program pengabdian yang dilakukan kepada masyarakat keada mahasiswa/I ini bertujuan untuk mengenalkan lebih dekat mengenai manajemen investasi dan pasar modal kepada para mahasiswa/i, agar kelak mahasiswa/i dapat berinvestasi baik melalui pasar modal atau dalam bentuk lainnya. Pengenalan dan pemahaman ini akan difokuskan pada 2 hal yaitu investasi secara umum dan investasi di pasar modal. Peran pasar modal semakin lama semakin penting bagi perekonomian Indonesia karena hal ini menjadi salah satu indikator perekonomian suatu negara. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat kali ini menjadi sumber pengetahuan bagi masyarakat khususnya mahasiswa/i untuk mengenal lebih jauh tentang manajemen investasi dan pasar modal dikarenakan mahasiswa/i khususnya jurusan akuntansi wajib mengetahui sejak dini apa itu investasi dan pasar modal tersebut. Melalui pengenalan/edukasi ini diharapkan masing-masing siswa dapat mengetahui apa itu investasi dan pasar modal untuk menjadikan mahasiswa/I khususnya jurusan akuntansi paham dan tertarik dalam melakukan bidang investasi dan pasar modal.

References

Adiguna, Richard Saputra. 2018. Kampanye “Yuk Nabung Saham” IDX Untuk Mengubah Mindset Saving Society Menjadi Investing Society. Jurnal Komunikasi. Vol. 9. No.1. Halaman 93-99. 2018.

Andriani S. 2019. Minat Investasi Saham pada Mahasiswa, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol. 4. No. 1. 2019

Bursa Efek Indonesia, Belajar Saham (2019) diambil dari http://yuknabungsaham.idx.co.id/belajar-saham

Fahmi, Irham. 2012. Pengantar Pasar Modal. Bandung: Alfabeta. Kustodian Sentral Efek Indonesia, berita pers,”21 Tahun KSEI: Inovasi untuk Kenyamanan Transaksi di Pasar Modal, KSEI, 2018.

Kustodian Sentral Efek Indonesia, demografi (27 Oktober 2019) diambil dari https://akses.ksei.co.id/pusatinformasi

Maribeth, Jaqualine (2016). Pengambilan Keputusan Investasi di Pasar Modal Berdasarkan Perspektif Demografi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas, Surabaya. 2016.

Mahwadha Wijayanti, Isnawatie. 2015. Studi deskriptif: Perilaku Investor Saham di Surabaya Berdasarkan Aspek Psikologis, Demografis dan Rasionalitas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol. 4. No. 2. 2015.

Saleh, Salma. 2009. Pengaruh Return On Asset, Return On Equity, dan Earning per Share terhadap Harga Saham pada Perusahaan Industri Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. Vol. 1. No. 1. Halaman 62-74. Januari 2009.

Suhartono dan Qudsi, Fadillah. 2009. Portofolio Investasi dan Bursa Efek Pendekatan Teori dan Praktik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Tanusdjaya, Hendang. 2018. Keputusan Investasi Investor Individu Berdasarkan Kompetensi, Overconfidence, dan Pen-didikan. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis. Vol. 2. No. 1. 2018

Trenggana, Arlin Ferlina Mochamad. 2017. Pengaruh informasi produk, risiko investasi, kepuasaan investor dan minat mahasiswa berinvestasi. Jurnal Sekretaris&Administrasi Bisnis. Vol. 1. No. 1. 2017. Halaman 8-17.

Downloads

Published

21-01-2022

How to Cite

Mulyani Fahrin, S., Novianti, A., & Arifah, A. (2022). Pengenalan Manajemen Investasi dan Pasar Modal Bagi Mahasiswa/I Universitas Muhammadiyah Riau. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2165–2171. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2866

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check