MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN KARTU GAME SISWA KELAS IV SDN 015 GUNUNG BUNGSU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Article Content

Ali Mahibba Tanjung

Abstract

Dari hasil pengamatan dan evaluasi hasil belajar Matematika kelas IV SD Negeri 015 Gunung Bungsu Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Provinsi Riau tahun pelajaran 2018/2019 masih rendah. Pada awal pembelajaran bahwa motivasi dan hasil belajar masih rendah dikarenakan belum optimalnya model pembelajaran yang digunakan. Maka dari itu permasalahan penelitian tindakan kelas ini adalah “apakah dengan menggunakan Permainan Kartu Game dapat meningkatkan kesiapan belajar, interaksi antar siswa, interaksi siswa dengan guru, tanggung jawab, dan pemahaman tugas. prestasi, motivasi, dan peran aktif siswa dalam pembelajaran. Sedangkan tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Permainan Kartu Game dapat meningkatkan prestasi, motivasi, dan peran aktif siswa siswa kelas IV SD Negeri 015 Gunung Bungsu Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Provinsi Riau tahun pelajaran 2018/2019”. Data aktivitas siswa diperoleh dari pengamatan saat proses pembelajaran berlangsung, dan hasil kerja kelompok didapat dari hasil pengamatan saat diskusi berlangsung selama pembelajaran, sedangkan hasil post test dari setiap kali pertemuan. Tempat penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 015 Gunung Bungsu Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Provinsi Riau tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah 23 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.dari penelitian tindakan kelas ini diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Permainan Kartu Game dapat meningkatkan prestasi, motivasi, dan peran aktif siswa kelas IV SD Negeri 015 Gunung Bungsu Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Oleh karena itu salah satu upaya guru dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan Permainan Kartu Game.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tanjung, A. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN KARTU GAME SISWA KELAS IV SDN 015 GUNUNG BUNGSU TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(4), 820-827. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.287

References

Aidin adlan dan Rinderiyana. 2011. Bimbingan Praktek Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kudus : Dita Kurnia.
Depdikbud RI. 1996. Petunjuk Teknis Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta
Gunanto dan Dhesy Adhalia.2018. Matematika. Untuk SD/MI Kelas IV.P.T.Gelora Aksara Pratama. Jakarta.
Hasibuan. 2002. Proses Belajar Mengajar. PT.Remaja Rosdakarya. Bandung
Nana Sudjana.1995. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah.Sinar Baru Algesindo. Bandung
Oemar Hamalik. 2004. Psikologi Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo, Bandung.
Oemar Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumu Aksara, Jakarta.
Rochiati Wiriaatmadja. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas P.T Remaja Rosdakarya. Bandung.
Sardiman, AM. 1996. Model-model Pembelajaran. Sinar Baru. Jakarta
Sudjana, Nana.1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakaya.
Syafari. 2002. Menganalisis Hasil Belajar Siswa dan Sumber Daya Pendidikan. Dirjen Dikdasmen. Jakarta