Pembinaan dan Sosialisasi Kemasyarakatan terhadap Peningkatan Kesadaran Protokol Kesehatan Covid-19 Melalui KKN 182 UIN SU Medan di Desa Kampung Baru Janji, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu

Authors

  • Aulia Chyntia Dewi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan , Indonesia
  • Padlin Padlin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan , Indonesia
  • Syofiaty Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2875

Keywords:

Covid-19, KKN 182, Protokol Kesehatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai bentuk dedikasi dan pengabdian terhadap masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh para Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dari berbagai jurusan yang dikumpulkan menjadi sebuah kelompok yang beranggotakan 30 orang. Penelitian ini berisikan tentang pembinaan dan sosialisasi terhadap masyarakat Desa Kampung Baru Janji, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu dalam meningkatkan kesadaran akan mematuhi protokol kesehatan agar mengurangi dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Sebagaimana yang diketahui, masyarakat yang tinggal di pedesaan sangat memerlukan pembinaan dan sosialisasi mengenai Virus Covid-19 dikarenakan masih kurangnya ketersediaan fasilitas kesehatan dengan melakukan kerjasama antara Mahasiswa KKN-182 dengan Perangkat Desa setempat dalam memutus rantai penyebaran Covid-19, maka setiap kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN-182 harus mengutamakan protokol kesehatan. dimulai dengan pembagian masker, penyemprotan disinfektan di Desa Kampung Baru Janji, pembuatan handsanitizer agar masyarakat desa tersebut dapat membuat handsanitizer mandiri di rumah, hingga menerapkan lingkungan hidup sehat dengan membersihkan fasilitas umum seperti tempat ibadah serta edukasi pengelolaan sampah agar masyarakat desa tersebut dapat membedakan sampah organik dan anorganik. Selain itu para Mahasiswa KKN-182 juga membangun tempat pembuangan sampah agar masyarakat Desa Kampung Baru Janji tidak membuang sampah sembarangan. dengan begitu, keinginan dan kesadaran masyarakat Desa Kampung Baru Janji untuk menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran dari pemerintah ada tujuan utama dari KKN DR 182 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

 

References

Farokhah, L., Ubaidilla, Y., & Yulianti, R.A. Penyuluhan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 di Kelurahan Gandul Kecamatan Cinere Kota Depok. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. 2021. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/7970.

Indira, W., Tantri, I., & Mirah, D.A. “Penyadaran Protokol Kesehatan dan Pelestarian Budaya Selama Pandemi Melalui Kegiatan KKN di Desa Ped Nusa Penida”. Segara Widya: Jurnal Penelitian Seni, 8(2), 2020: 114-119. http://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/segarawidya/article/view/1188.

Irawan, D., Triana, N., Suwarni, L., & Selviana, S. Edukasi Protokol Kesehatan dan Strategi Pemasaran Online Melalui Program Kemitraan Masyarakat di Era Pandemi COVID-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 2020: 655-662. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2636.

Riani, E. Model Pemberdayaan Masyarakat dalam Penangulangan Stunting di Desa Pagerejo Kecamatan Kretek Kabupaten Wonosobo. Skripsi, IAIN Salatiga, 2020. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9953/.

Trapsilowati, W., Mardihusodo, S.J., Prabandari, Y.S., & Mardikanto, T. Pengembangan Metode Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue Di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 18(1), 2015: 20932. https://www.neliti.com/publications/20932/pengembangan-metode-pemberdayaan-masyarakat-dalam-pengendalian-vektor-demam-berd

Downloads

Published

21-01-2022

How to Cite

Dewi, A. C., Padlin, P., & Lubis, S. . (2022). Pembinaan dan Sosialisasi Kemasyarakatan terhadap Peningkatan Kesadaran Protokol Kesehatan Covid-19 Melalui KKN 182 UIN SU Medan di Desa Kampung Baru Janji, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 46–53. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2875

Issue

Section

Articles of Community Service

Citation Check