Peran Kepemimpinan Desa dalam Menjalin Solidaritas Sosial di Desa Savanajaya Kabupaten Buru

Authors

  • Darwin Rukua Program Studi Ilmu Hukum Universitas Iqra Buru, Indonesia
  • Radi Udin Alfian Sangaji Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Iqra Buru, Indonesia
  • La Jati Buton Program Studi Kehutanan Universitas Iqra Buru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2894

Keywords:

Peran Kepemimpinan, Solidaritas Sosial

Abstract

Kepemimpinan Desa, bisa berjalan secara efektif apabila seorang pemimpin menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya. Sikap solidaritas masyarakat di desa merupakan ajang silaturahmi untuk menumbuhkan sikap kerja sama antar pemimpin dan masyarakat untuk mencapai kemajuan dalam pembangunan. Realitas tersebut membuktikan bahwa pada awalnya kepemimpinan di Desa mendapat perhatian di masyarakat. Namun kenyataanya, di Desa Savanajaya mengalami kemunduran nilai solidaritas sosialnya. Sehingga masalah yang diteliti adalah bagaimana strategi kepemimpinan Desa dalam menjalin solidaritas sosial dan bagaimana solidaritas sosial dalam melakukan kegiatan gotong royong di Desa Savanajaya Kabupaten Buru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepemimpinan Desa dalam menjalin solidaritas sosial dan mendeskripsikan solidaritas sosial dalam melakukan kegiatan gotong royong di Desa Savanajaya. Tujuan selajutnya yaitu untuk mengungkap dan menjelaskan nilai-nilai positif yang terkandung dari sikap kepemimpinan Desa dan sikap solidaritas yang dilakukan oleh masyarakat Desa Savanajaya, Kabupaten Buru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggambarkan dan mendeskriptifkan fenomena di lingkungan sosial yang terkait dengan yang diteliti. Penelitian ini berlokasi di Desa Savanajaya, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru. Informan ditentukan secara Purposive Sampling dimana pemilihan informan dipilih berdasarkan ketentuan bahwa informan tersebut adalah yang melakukan, mengalami, mengetahui dan memahami persis masalah yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimpinan Desa Savanajaya mengarahkan dan memfasilitasi untuk menjalin solidaritas sosial dalam melakukan proses pembangunan desa dan yang menjadi faktor penghambat kegiatan gotong royong masyarakat dengan urusan pribadi yang tidak diimbangi dengan kebutuhan sosial, kemudian pendapatan masyarakat yang tidak menentu menjadikan hubungan masyarakat yang terkait dengan kegiatan gotong royong berjalan dengan tidak efektif.

 

References

Beratha, Nyoman. Pembangunan Desa Berwawasan Lingkungan. Penerbit Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Firdaus, Wincy. Menciptakan Gotong Royong Di Lingkungan Kerja.

H Hadari, Martini & Hadari Nawawi. Kepemimpinan yang efektif. Penerbit Jakarta: Gajahmada University Press, 1995.

Hasjmy, Sistem Gotong Royong Dalam Masyarakat Pedesaan Provinsi Daerah Istiewa Aceh Penerbit Pusat Penelitian Sejarah Dan Budaya, 1985.

Johnson, Paul, Doyle. Teori Sosiologi Klasik Modern. Penerbit Jakarta: Gramedia Pustaka, 1994.

Jurdi, Syarifuddin. Sosiologi Islam Masyarakat Modern :Teori, Fakta, Dan Aksi Sosial. Penerbit Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Kartini, Kartono. Pemimpin dan kepemimpinan. Penerbit Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016.

Koentjaraningrat. Sejarah Teori Antropologi II. Penerbit Jakarta: Universitas Islam (UI- Press), 1990.

Syafiie, Inu, Kencana. Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia. Penerbit Bandung: PT. RafikaAditama, 2013.

Undang Undang Desa, Pembangunan Desa Dan Pembangunan Kawasan Perdesaan.Penerbit Jakrata: Sinar Grafika, 2014.

Downloads

Published

23-01-2022

How to Cite

Rukua, D. ., Alfian Sangaji, R. U. ., & Buton, L. J. . (2022). Peran Kepemimpinan Desa dalam Menjalin Solidaritas Sosial di Desa Savanajaya Kabupaten Buru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11290–11295. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2894

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check