ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK SMK PADA MATERI MATRIKS

Main Article Content

Wiyana Pertiwi

Abstract

Kompetensi penting yang harus dimiliki setiap individu pada era globalisasi adalah berpikir kritis. Tuntutan berpikir kritis dalam dunia pendidikan tertuang dalam tujuan kurikulum 2013. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas XI-ADP SMKS Nurul Falah Pekanbaru pada materi matriks, Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei dari wawancara dengan guru bidang studi dan literasi beberapa jurnal yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis matematis serta tes tertulis untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Data dianalisis berdasarkan aspek kemampuan berpikir kritis yang telah ditetapkan oleh peneliti yang meliputi menginterprestasi, menganalisis, mengevaluasi, dan menginferensi. Hasil analisis data yaitu: (a) pada aspek menginterprestasi, sebanyak 52,77% peserta didik dapat menulis  yang diketahui maupun yang ditanyakan soal dengan tepat, (b) pada aspek menganalisis, sebanyak 41,66% peserta didik dapat mengidentifikasi hubungan-hubungan antara pernyataan pernyataan, pertanyaan pertanyaan, dan konsep-konsep yang diberikan dalam soal yang ditunjukkan dengan membuat model matematika dengan tepat dan memberi penjelasan dengan tepat, (c) pada aspek mengevaluasi sebanyak 30,55% peserta didik dapat menggunakan strategi yang tepat dalam menyelesaikan soal, lengkap dan benar dalam melakukan perhitungan, (d) pada aspek menginferensi sebanyak 19,44% peserta didik dapat membuat kesimpulan dengan tepat. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik masih rendah terutama pada indicator mengevaluasi dan menginferensi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pertiwi, W. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK SMK PADA MATERI MATRIKS. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 821-831. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.29

References

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Fatmawati, H. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol:2 No: 9 November 2014. [Online]. http://jurnal.fkip.uns.ac.id.pdf.
Fristadi, R. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 597-602
Ismaimuza, D. (2011). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol: 2 No: 1 Januari 2011. [Online]. http://jurnal.fkip.tadulako palu.pdf.
Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) pada Siswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP. Vol: 2 No: 1 Februari 2013. [Online]. http://jurnal.fkip.stkip.pdf.
Jumaisyaroh, T. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah, Jurnal Kreano. Jurnal Kreano FMIPA UNNES. Vol: 5 No: 2 Desember 2014. [Online]. http://jurnal.fmipaunnes.pdf.
Karim. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengan Pertama, Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol: 3 No: 1 April 2015. [Online]. http://jurnal.fkipulm.pdf.
Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol: 3 No: 5 Desember 2012. [Online]. http://jurnal.fkip.pdf.
Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang. Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Peluang. Vol: 4 No: 1 Oktober 2015. [Online]. http://jurnal.fkipusm.pdf.
Sari M. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 1 Gambut. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. [Online]. http://jurnal.fkipuns.ac.id.pdf.