Pengaruh Layanan Informasi dengan Teknik Modeling Simbolik terhadap Self Efficacy Karir Remaja

Authors

  • Angelia Fri Handari Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi, Indonesia, Indonesia
  • Budi Santosa Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2920

Keywords:

Modeling Simbolik, Self Efficacy Karir

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di Korong Simpang Balai Kamih Kanagarian Kepala Hilalang Kecamatan 2X11 Kayu Tanam, bahwasannya remaja masih ada yang yang belum memiliki keyakinan, dan kebingungan dalam memilih karirnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikannya layanan informasi dengan teknik modeling simbolik. Penelitian ini tergolong pre eksperimen model One Group Pretest Postest Design. Populasinya adalah seluruh remaja di Korong Simpang Balai Kamih tingkat SMA sebanyak 20 orang, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik Non Random Sampling, sampel adalah remaja tingkat SMA sebanyak 12 orang. Instrument pengumpulan data adalah skala likert. Data tentang self efficacy karir remaja dikumpulkan melalui skala, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Rank Test dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian yang telah diketahui dari hasil nilai uji Z (Wilcoxon) menunjukkan perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Dari hasil perhitungan uji Wilcoxon diperoleh nilai signifikansi p value sebesar -3,062. Berdasarkan ketentuan yang berlaku diketahui hasil uji Wilcoxon sig p value sebesar 0,002 < ? (? = 0,05) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil perhitungan uji Wilcoxon dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan self efficacy karir sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan teknik modeling simbolik.

References

Departemen Pendidikan Nasional. Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional. (Jakarta: Depdiknas, 2003.)

Gunawan, Yusuf. Pengantar Bimbingan dan Konseling. (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1987)

Idrus, Muhammad. Metode penelitian ilmu sosial. (Yogyakarta: Erlangga, 2009)

Imron, Ali. Manajemen Peserta didik berbasis Sekolah. (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Jauhar, Mohammad, dan Wardati. Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. (Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2011)

Komalasari, Gantika, dan Eka, Wahyuni. Teori dan Teknik Konseling. (Jakarta: Indeks, . 2011)

Muri, Yusuf. Metode Penelitian. (Padang : Kencana Prena Gramedia Group, 2014)

Nur, Ghufron M, dan Rini, Risnawati S. Teori-Teori Psikologi. (Jogjakarta: Ar- Ruzz Media, 2016)

Prayitno, dan Amti Erman. Dasar-dasar BK. (Jakarta: Rineka Cipta, 1999)

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. (Bandung: Alfabeta, 2014)

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, Kuantitatif, Kualitatif, R&D. (Bandung: Alfabeta, 2015)

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2016)

Suharsimi, Arikunto. Manajemen penelitian. (Jakarta: Rineka Cipta, 1998)

Sukardi, Dewa, Kentut. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di sekolah. (Jakarta: Rineka Cipta, 2000)

Susanto, Ahmad. Bimbingan dan Konseling di Sekolah konsep teori dan aplikasinya. (Jakarta: Prenadamedia Group, 2018)

Tohirin. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). (Jakarta: Raja Grafindo Perada, 2015)

Winkel. Pengantar Bimbingan dan Konseling. (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1987)

Arjoni, dan Handayani,T. Peran Madrasah dalam menangkal dampak negatif globalisasi terhadap perilaku remaja. JIP Jurnal Ilmiah PGMI. Vol 3, No 1. (2017)

Hartati, Sri. Pendekatan kognitif untuk menurunkan kecenderungan perilaku deliquensi pada remaja. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol 9. No 2. (2012)

Muryawati, dan Faridah Ainur Rohmah. Pemberian Layanan informasi untuk meningkatkan efikasi diri siswa. Jurnal Pendidikan sekolah dasar Vol.2 No.2. (2016)

Permana, Hara, Farida Harahap dan Budi Astuti. Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan dalam menghadapi ujian pada siswa kelas IX di MTS Al Hikmah Brebes. Jurnal Pendidikan. Vol.13 No.1. (2016)

Pratiwi, Ardila. Efektivitas teknik modeling simbolis untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Jurnal Konseling Andi Mattapa STKIP. Vol.1 No.1. (2017)

Rahmi, Alfi. Penerapan model konseling islam dalam membantu kesadaran beragama pada remaja menjadi pribadi berakhlakul karimah. Jurnal Al-Taujih: bingkai bimbingan dan konseling islam. Vol 3 No 2. (2017)

Sesmiarni, Zulfani. Efikasi diri mahasiswa di perguruan tinggi. Analisis Jurnal Pendidikan. Vol 11. No 2. (2014)

Wijayanti, Desi, Nawangsari dan Kusnato Kurniawan. Indonesian Journal of Guidance and Counseling 5(2). (2016)

Yusri, fadhilla dan Jamienti. Pengaruh pemenuhan kebutuhan remaja terhadap perilaku agresif siswa di PKBM Kasih Bundo kota Bukittinggi. Jurnal of Islamic dan social studies. Vol 3 No 1. (2017)

Azizah, Ticka, Herawati. Skripsi pengaruh layanan informasi terhadap kesalahan persepsi siswa tentang pelayanan bimbingan dan konseling pada siswa kelas X MIA 6 di SMA Negeri 5 Semarang. (Universitas Negeri Semarang, 2017)

Downloads

Published

26-01-2022

How to Cite

Fri Handari, A., & Santosa, B. (2022). Pengaruh Layanan Informasi dengan Teknik Modeling Simbolik terhadap Self Efficacy Karir Remaja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2690–2702. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2920

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check