Perancangan Modul Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Berbasis Mind Mapping

Authors

  • Mizia Nadira Sari Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia
  • Legiman Slamet Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2923

Keywords:

Perancangan dan Penelitian, Modul, Mind Mapping, MindMaple Lite, Simulasi dan Komunikasi Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merancang modul pembelajaran simulasi dan komunikasi digital yang menarik dan efektif berbasis mind mapping untuk siswa kelas X Teknik Audio Vidio di SMK Cendana Padang Panjang, (2) untuk mengetahui tingkat kevalidan atau kelayakan modul pembelajaran simulasi dan komunikasi digital berbasis mind mapping yang dirancang menggunakan software MindMaple Lite dan dibantu oleh software Flip PDF Corporate Edition. Model pengembangan yang digunakan untuk merancang modul ini adalah model pengembangan ADDIE terbatas, yaitu hanya mengadopsi 4 langkah, karena keterbatasan waktu, dana, dan kemampuan penulis. Uji validitas dilakukan oleh 2 orang dosen dan 1 orang guru mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital yaitu ahli materi dan ahli media, begitu juga dengan uji reliabilitas. Hasil penilaian validasi ahli materi secara keseluruhan mendapat nilai total sebesar 97,23% sehingga termasuk pada kategori sangat valid atau sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar, sedangkan validasi ahli media  secara keseluruhan  mendapat nilai total sebesar 96,48% sehingga termasuk pada kategori sangat valid atau sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. Adapun hasil uji reliabilitas ahli materi diperoleh nilai koefisien Cronbach alpha sebesar 0,932178932 sehingga termasuk kedalam kategori reliabilitas sangat tinggi, dan hasil uji reliabilitas ahli media diperoleh nilai koefisien Cronbach alpha sebesar 0,887096774 sehingga termasuk kedalam kategori reliabilitas sangat tinggi.

References

Ahmad Rivai & Nana Sudjana. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Angko, N., dan Mustaji. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Jurnal KWANGSAN Vol. 1(1), 1-15.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barokati, N. dan Annas, F. 2013. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer (Studi Kasus: UNISDA Lamongan). Jurnal Sistem Informasi. 4 (5): 352 – 359.

Boslaugh S dan Paul AW. 2008. Statistics in a Nutshell, a desktop quick reference. Beijing, Cambridge, Famham, Köln, Sebastopol, Taipei, Tokyo: O’reilly Prodi PBSI,F KIP, UNISSULA, A.1(2) ; 71-73

Budiarti, Arifah. dkk (2017). Pengaruh Pengembangan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Bbook Pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa. Volume 2, Nomor 2.

Buzan, Tony. 2007. Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Buzan, Tony . (2013). Buku Pintar Mind Mapp. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas. (2002). Undang-undang RI Nomor 18, Tahun 2002, tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Depdiknas. (2008). Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2008). Penulisan Modul. Direktorat Tenaga Kependidikan.

Rudi Susilana Dan Cepi Riyana.2008. Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pedagogia.

Sumarno, Alim. (2012). Perbedaan Penelitian dan Pengembangan. http://blog.elearning.unesa.ac.id/alim sumarno/perbedaan-penelitian-dan-pengembangan. Diakses tanggal 12 juni 2021 Pukul 07.23 WIB.

Tegeh, I. M. & Kirna, I Made. 2010. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I.M. dan Kirna, I.M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Ika Vol. 11(1), 12-26.

Vembrianto. (1985). Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita.

Winkel, W.S. (2009). Psikologi Pengajaran. Cet. Ke-4.Jakarta: Grasindo

Downloads

Published

26-01-2022

How to Cite

Nadira Sari, . M., & Slamet, L. (2022). Perancangan Modul Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Berbasis Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2628–2636. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2923

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check