Tinjauan Tentang Sapta Pesona Di Daya Tarik Wisata Cagar Alam Rimbo Panti Kabupaten Pasaman

Authors

  • Ihsan Suhri Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Kurnia Illahi Manvi Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2926

Keywords:

Tinjauan, Sapta Pesona

Abstract

Penelitian ini membahas tentang tinjauan tentang sapta pesona di daya tarik wisata Cagar Alam Rimbo Panti Kabupaten Pasaman yang di dasari kurangnnya penerapan sapta pesona di kawasan daya tarik wisata Cagar Alam Rimbo Panti Kabupaten Pasaman, di mana di temukan beberapa masalah yang terkait dengan sapta pesona di daya tarik wisata Cagar Alam Rimbo Panti. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, sampel di ambil menggunakan teknik non probality sampling dengan jumlah 100 orang. Data dikumpulkan dengan penyebaran angket atau kuesioner yang terdiri atas 26 pernyataan pernyataan yang dilakukan pengukuran tingkat capaian responden, yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitasnya . Kemudian data diolah dengan menggunakan bantuan SPSS, data dideskripsikan melalui uji persyaratan analisis dan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 20.00.

Hasil dari penelitian tinjau tentang sapta pesona di daya tarik wisata Cagar Alam Rimbo Panti Kabupaten Pasaman masuk dalam kategori baik dengan persentase 88%. Sedangkan masing- masing indikator yaitu: (1) Bersih termasuk dalam kategori buruk dengan persentase 41%. (2) Ramah termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 75%. (3) Tertib termasuk kategori buruk dengan persentase 33%. (4) Aman termasuk dalam kategori cukup dengan persentase 37%. (5) Sejuk termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 55%. (6) Indah termasuk dalam kategori baik dengan persentase 50%. (6) Kenangan dalam kategori baik dengan persentase 68%.

References

Suryo Sakti Hadiwijoyo (2012: 41) Kajian Potensi Wisata Tapaktuan Berbasis Masyarakat Lokal. Jurnal Raut, 1(2)

Utama, Gusti Bagus Raid. 2016. Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta: CV Budi Utama

Utama, Gusti Bagus Raid. 2017. Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: CV Andi Offset

Riawan, A., & indraphrasta, D. E. A. (2017). The Role Of Sapta Pesona Wisata In Creasing The Revenue Of Tourism Industry Entrepreneurs At The South Bantul Beaches. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 8(2)

Sugiyono. 2018 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Buana, D. W. W. (2015). Peranan Sektor Informal Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Di Daya Tarik Wisata Pantai Sanur. Jurnal Destinasi Pariwisata, 3(1), 35–44.

Rahim, F. 2012. Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Jakarta: Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Deby Evelianti, Eni Heldayani. 2018. "Persepsi Pengunjung Terhadap Sapta Pesona Wisata Alam Gasing Water Bay Banyuasin".Jurnal Swarnabhumi. 3(2).

Khalik, W, (2014). Kajian Kenyamanan dan Keamanan Wisatawan di Kawasan

Pariwisata Kuta Lombok. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA).

Muljadi, (2011). Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rosita, Sri Marhanah, dan Woro HanoumWahadi. “Jurnal Manajemen Resort dan Leisure: Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta”. Vol.13, No.1, April 2016.

Pedoman Kelompok Sadar Wisata Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 2012. Jakarta: Persada.

Downloads

Published

26-01-2022

How to Cite

Suhri, I., & Illahi Manvi, K. (2022). Tinjauan Tentang Sapta Pesona Di Daya Tarik Wisata Cagar Alam Rimbo Panti Kabupaten Pasaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2276–2288. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2926

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check