Respon Pembeli pada Interaksi Jual-Beli di Pasar Tangor Kota Pekanbaru Kajian: Sosiopragmatik

Authors

  • Elva Nofitasari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau, Indonesia
  • Mangatur Sinaga Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau, Indonesia
  • Charlina Charlina Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2951

Keywords:

Respon pembeli, Interaksi jual-beli, Pasar Tangor Kota Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi respon, bentuk respon dan fungsi respon pembeli pada interaksi jual-beli di Pasar Tangor Kota Pekanbaru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui teknik simak, teknik rekam, dan teknik catat. Berdasarkan hasil    penelitian ditemukan dua strategi respon pembeli pada interaksi jual-beli di Pasar Tangor Kota Pekanbaru, yakni secara langsung dan secara tidak langsung.  Tiga bentuk respon pembeli  pada interaksi jual-beli di Pasar Tangor Kota Pekanbaru yakni, bentuk deklaratif, bentuk interogatif dan bentuk imperatif. Fungsi respon pembeli pada interaksi jual beli di Pasar Tangor Kota Pekanbaru terdapat tiga fungsi, yakni fungsi ekspresif, fungsi informatif, dan fungsi argumentatif.  

References

Amelia, E., & Ar, H. F. 2017. Tuturan Imperatif Mama Dedeh pada Acara Mama dan Aa Beraksi di Statiun Televisi Indosiar. Jurnal Online Mahasiswa Fakuktas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(2), 1–14.

Arisandi, Rosi. Charlina., dan Hadi Rumadi. 2021. Tindak Tutur Direktif Rocky Gerung dalam Acara Indonesia Lawyers Club. Jurnal Tuah Pendidikan dan Pengajaran. 3(1).

Azwar, Saifuddin. 2015. Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Chaer, Abdul dan Agustina Leonie. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Diasa, Nopita L. 2018. Penyimpangan Prinsip Kesatuan Pengikut (Followers) dalam Wacana Instagram. Jurnal Bahasa dan Sastra. 3(4).

Hanasah, Uswatun. 2020. Respon Tindak Tutur Ekpresif dan Direktif dalam Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Malang. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran. 15(23).

Ibrahim, A. S. 1993. Kajian Tindak Tutur. Usaha Nasional.

Manurung, R. T. 2010. Model Gaya Bertutur Penghuni di Apartemen Bersubsidi:Suatu Kajian Sosiopragmatik “Alih Kode.” Jurnal Sosioteknologi., 9, 930.

Moleong, L. J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nadar, F. . 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Graha Ilmu.

Nurjamily, Wa Ode. 2015. Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Lingkungan Keluarga (Kajian Sosiopragmatik). Jurnal Humanika. 3(15).

Purba, Andiopenta. 2011. Tindak Tutur dan Peristiwa Tutur. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 1(1).

Rahardi, R. K. 2005. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Erlangga.

Rahmadani, Mela.,Charlina, dan Mangatur Sinaga. (2019). Tuturan Direktif dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye. Jurnal Tuah Pendidikan dan Pengajaran. 1(2).

Rakhmat, J. 1999. Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Yule, G. 2006. Pragmatik. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

29-01-2022

How to Cite

Nofitasari, E. ., Sinaga, M. ., & Charlina, C. (2022). Respon Pembeli pada Interaksi Jual-Beli di Pasar Tangor Kota Pekanbaru Kajian: Sosiopragmatik . Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 596–605. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2951

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check