Penggunaan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran PAI pada Siswa Tunagrahita di SLB Koto Agung, Blok B Sitiung 1, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya

Authors

  • Miki Anjeli Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Indonesia
  • Fauzan Fauzan Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2953

Keywords:

Media Audio-Visual, Pembelajaran PAI, Siswa Tunagrahita

Abstract

Latar belakang peneliti membuat skripsi ini adalah siswa tunagrahita ini lebih memahami pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual dibandingkan dengan tidak menggunakan media. Terlihat saat guru menggunakan media audio-visual siswanya lebih bersemangat untuk belajar, terlihat juga anak tersebut bisa termotivasi untuk belajar. Siswa nampak fokus saat belajar dibuktikan saat guru menggunakan media audio-visual seperti vidio, anak tunagrahita tidak melihat kekiri dan kekanan, tidak gelisah, mereka tenang saat menyaksikan vidio yang ditampilkan oleh gurunya, dari situlah kita juga bisa melihat bahwasannya anak tersebut bisa fokus saat belajar. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SLB Koto Agung. Sumber data/informan penelitian yang diperoleh melalui guru wali kelas, kepala sekolah serta salah satu guru Di SLB Koto Agung yang dilibatkan untuk memberikan informasi dan keterangan mengenai penggunaan media pembelajaran audio-visual dalam mata pelajaran PAI pada siswa tunagrahita di SLB Koto Agung. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan untuk memperkuat data yang telah diteliti dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran audio-visual dalam mata pelajaran PAI pada siswa tunagrahita di SLB Koto Agung, Blok B. Sitiung 1, Kecamata Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Bahwasannya Guru di SLB Koto Agung menggunakan media audio-visual untuk membantu guru dalam menyampaikan materi, karena saat penggunaan media pembelajaran audio-visual ini siswa tunagrahita lebih bersemangat untuk belajar dibandingkan dengan tidak menggunakan media audio-visual.

References

Al-ma’arif, Shoffi Rosyad. 2020. Skripsi : Penggunaan Media Pembelajaran Audio-Visual dalam Mata Pelajaran PAI pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas V di SLB Harmoni Surakarta Tahun Ajaran 2019- 2020. Surakarta.

Andriati, Irna, dkk. 2017. Implementasi Pendekatan Scientific pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Vol 2. No. Jurnal of educational studies.

Apriyanto. 2014. Seluk-Beluk Tunagrahita. Jogjakarta: Javalitera.

Asfiati. 2020. Visualisasi dan Virtualisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Versi Program Merdeka Belajar dalam tiga Era (Revolusi Industri 5.0 Era Pandemi Covid-19 dan era New Normal). Jakarta: Kencana.

Bungin Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif Komonikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Liannya. Jakarta: Pernada Media Group.

Dahwadin dan Farhan Sifa Nugraha. 2019. Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jawa Tengah: CV. Mangku Bumi Media.

Duludu, Ummyssalam. 2017. Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta: Goup Penerbitan CV Budi Utama.

Dhelpie Bandi. 2006. Pembelajaran anak tunagrahita (Suatu Pengantar Pendidikan Inklusif). Jakarta: Refika Aditama.

Fitrah. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Vol 3. No 2. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman

Gunawan, Imam. 2015. Metode Peneltian Kualitatif: Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung,: Pustaka Setia.

Harahap, Sri Belia. 2020. Strategi Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Harmaningsih Naning. 2020. Skripsi: Penggunaan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Membersihkan Diri Siswa Tunagrahita Ringan Kelas XII C Semester 1 SLB Panca Bhakti Kabupaten Madiun Thun Pelajaran 2019/2020. Surakarta.

Hayati, Najmi, dkk. 2017. Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran audio-Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Vol 14. No 2. Jurnal Al-Hikmah.

Ali, Imran. 1996. Belajar dan Pembelajara. Jakarta: Pustaka Jaya.

Indrianto, Nino. 2020. Pendidikan Agama Islam Interdisipliner untuk Perguruan tinggi. Yogyakarta: Group Penerbitan CV Budi Utama.

Iswantir M. 2019. Pendidikan Islam Sejarah, Peran dan Kontribusi dalam Sistem Pendidikan Nasional. Bandar Lampung: CV Anugrah Utama Raharja.

Iswantir M. 2015. Perkembangan Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia Menghadapai Tantangan Global (Kasus IAIN dan Perguruam Timggi Islam). Vol 12. No 2. Jurnal Pendidikan.

Lisnius, Rafael dan Pastiria, Sembiring.2020. Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus (Sebuah Perspektif Bimbingan dan Konseling). Yayasan Kita Menulis.

Mardiah. 2019. Skripsi: Pemanfaatan Media Audio-Visual dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Materi tentang Berwudhu pada Anak Tunagrahita Kelas VII di SLBN 2 Selat Kabupaten Kapuas. Palangkaraya.

Marta dan Kresno. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali press.

Mulyasa. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Munawir, Abdul. 2009. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Secara Inklusif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Nurjaman, Asep. 2020. Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Implementasi Desain Pembelajaran “Assure”.Jawa Barat: CV Adanu Abimata.

Pramartha Bayu. 2015. Sejarah dan sistem Pendidikan sekolah Luar Biasa Bagian A Negri Denpasar Bali. Vol 3. No 2. 2015. Jurnal Historia

Ramli, Muhammad. 2012. Media dan teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Rahman, M. Rifqi Faldu. 2017. dkk. Model Pendidikan Tazkiyatun nafs sebagai Upaya Membentuk Akhlak Mulia Santri di Pondok Pesantren Al-huda Kuningan Jawa Barat. Vol. 15. No 1.Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’Lim.

Sari, Siti Fatimah Mutia dkk. 2017. Pendidikan bagi Anak Tunagrahita (Studi Khasus Tunagrahita Sedang di SLB N Purwakarta). Vol 4. No 2. Jurnal Penelitian dan PKM.

Salmiwati. 2019. Konsep Belajar dalam Presfektif Pendidikan Islam. Vol 2. No 1. Jurnal Pendidikan Islam.

Supardi. 2013. Sekolah efektif, Konsep Dasar &Praktiknya. Jakarta : rajawali Pers.

Suryabrata, Sumadi. 2016. Metodologi Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Suryadi, Rudi Ahmad dan Aguslani Muslih. 2019. Desain Perencanaan dan Pembelajaran. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Suryani, Nunuk, dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Switri, Endang. 2020. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.

Tohirin. 2012. Metode penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukuran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lektur.id. arti Penggunaan. https://lektur.id/arti-penggunaan/. diakses pada tanggal 3 Maret 2021. pada pukul 10:11 WIB.

Downloads

Published

30-01-2022

How to Cite

Anjeli, M. ., & Fauzan, F. (2022). Penggunaan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran PAI pada Siswa Tunagrahita di SLB Koto Agung, Blok B Sitiung 1, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 623–632. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2953

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check