PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA

Main Article Content

Helda Yanti

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini merupakan study tentang pembelajaran dengan menerapkan Model Snowball Throwing yang dikolaborasikan dengan penggunaan media Charta sebagai jembatan ingatan dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing bertujuan untuk menciptakan suasana belajar aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan sedangkan penggunaan media Charta sebagai jembatan ingatan bertujuan untuk membantu siswa menguasai materi pelajaran dengan cepat. Hal ini bertolak dari refleksi pembelajaran sebelumnya, karena kurang bervariasinya metode dan media yang digunakan guru dalam pembelajaran menyebabkan siswa pasif, kegiatan pembelajaran lebih terpusat kepada guru. Hal ini berdampak kepada kurangnya aktivitas dan rendahnya hasil belajar siswa, 62,96 % dari jumlah siswa mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75 sehingga mereka harus mengikuti remedial. Dari data hasil penelitian didapatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar meningkat dari 75,36 % pada siklus I menjadi 92 % pada siklus II, sudah mencapai kriteria baik sekali menurut Suharsimi Arikunto. Sedangkan hasil belajar meningkat dari nilai rata-rata 76,30 pada siklus I menjadi 85,56 pada siklus II. Siswa yang tuntas tanpa remedi pada siklus I adalah 70,37%, pada siklus II meningkat menjadi 96,30%; padahal peneliti menetapkan penelitian dianggap berhasil jika 85 % dari jumlah siswa tuntas mencapai KKM yaitu 75.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yanti, H. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(4), 910-917. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.296

References

Anita Lie, 2007. Cooperative Learning. Gramedia Widiasarana Indonesia: Jakarta
Asbullah. 2005. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Sains pada Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dan Penguasaan Konsep Pencemaran Lingkungan di SMP. Tesis. Program Pascasarjana. UPI. Bandung.
Depdiknas. 2006. Model Penilaian Kelas KTSP. SMP/MTS. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Syiful Bahri Djamarah (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah (2003). Penerapan Model Cooperative Learning Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Tesis. PPS UPI Bandung:. Tidak Diterbitkan.
Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.
Slavin, R.E. (2009). Cooperative Learning. Boston: Allyn and Bacon Inc. Nusa Media. Bandung
Suharsini, Arikunto, (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara