PENERAPAN MODEL TTW (THINK,TALK,WRITE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD

Main Article Content

Cyndy Tulen Merrante
Stefanus C Relmasira
Agustina Tyas A Hardini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan penerapan model TTW (Think,Talk,Write) dalam meningkatkan hasil belajar dan berfikir kritis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas 4 SD Negeri Tingkir Tengah 01 Salatiga yang berjumlah 33 siswa dan dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik tes dan teknik non tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil implementasi model terjadi peningkatan rata-rata berfikir kritis siswa dari kondisi awal (pra siklus) sebesar 60,6 meningkat pada siklus I menjadi 69 dan meningkat kembali pada siklus II menjadi  77,7 dengan kategori berfikir kritis tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata pada kondisi awal (pra siklus) sebesar 65,5,terjadi peningkatan pada siklus I dengan skor 69,dan kembali meningkat pada siklus II dengan skor 77,7.sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TTW(Think,Talk,Write) dapat meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis siswa kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Merrante, C., Relmasira, S., & Hardini, A. (2019). PENERAPAN MODEL TTW (THINK,TALK,WRITE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(4), 928-935. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/298

References

Gunawan , A. W. (2003). Genius Learning Strategy Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelarated Learning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ningsih, S. (2013). Upaya peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar mengunakan TTW.
Suherman, E. (2009). odel Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Murid. .
Yuningsih, S. (2013). peningkatan hasil belajar bahasa indonesia dengan menerapakan metode TTW (Thingk talk Write) pada siswa IV SDN Japerejo Semester I Tahun 2012\2013. peningkatan hasil belajar bahasa indonesia dengan menerapakan metode TTW (Thingk talk Write) pada siswa IV SDN Japerejo Semester I Tahun 2012\2013.
Muhfahroyin. 2009. Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis.
Fauziyah, Eva. 2017. “Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Ditinjau Dari Partisipasi Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Di Smp Negeri Se- Kecamatan Gunungpati Semarang”. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Anni. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Semarang.
Arikunto, S. ( 2007). Manajemen penelitian. Jakarta:: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bansu , I. A., & Yamin, M. (2008). Taktik mengembangkan kemampuan individual siswa . Jakarta: Gaung Persada Press.
Erma. (2012, 0ktober). hhtp://move17.blogspot.com/2012/06/bab-ii-skripsi-statregi-think-talk-write. Retrieved from hhtp://move17.blogspot.com/2012/06/bab-ii-skripsi-statregi-think-talk-write
Hamzah. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Pembelajaran . Jakarta: Bumi Aksara.
Marsiyanti. (2015). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVERSAL QUESTION PADA SISWA KELAS V SD N MINOMARTANI 6 SLEMAN YOGYAKARTA. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVERSAL QUESTION PADA SISWA KELAS V SD N MINOMARTANI 6 SLEMAN YOGYAKARTA, 11.
Muhfahroyin. (2009). MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK. URNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN (JPP).
Mustaji. (2012). Developing Critical Thinkers(brookfield). San farnsisco: Jossey Bass.
Ningsih, S. (2013). Upaya peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar mengunakan TTW.
Oemar, H. (n.d.). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.
Sudjana. (2012). Penilaian hasil Proses belajar mengajar. Bnadung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Afabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group.
Yamin, M., & Anshari, I. B. (2008). Taknik Mengembangakn Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yuningsih, S. (2013). peningkatan hasil belajar bahasa indonesia dengan menerapakan metode TTW (Thingk talk Write) pada siswa IV SDN Japerejo Semester I Tahun 2012\2013. peningkatan hasil belajar bahasa indonesia dengan menerapakan metode TTW (Thingk talk Write) pada siswa IV SDN Japerejo Semester I Tahun 2012\2013.