Rancang Bangun Aplikasi Android Pengenalan dan Perakitan Perangkat Personal Komputer Berbasis Augmented Reality
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2980Keywords:
Media Pembelajaran, Komputer, Augmented Reality, VuvoriaAbstract
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Kurangnya pemanfaatan teknologi multimedia dalam pembelajaran dan kegiatan belajar yang monoton mengurangi minat siswa dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan komponen penting dalam pembelajaran. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dalam pembuatan aplikasi pengenalan dan perakitan komputer akan lebih menarik. Augmented reality (AR) yaitu penggabungan antara objek virtual dengan objek nyata. Pada penelitian ini dibuat media pembelajaran inovatif dan alternatif untuk mengenalkan komponen komponen perangkat keras kepada siswa dan simulasi perakitannya dengan Augmented Reality (AR) Metode yang digunakan dalam pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kegiatan model ini disusun dengan urutan yang sistematis untuk upaya pemecahan masalah belajar yang berkaitan dengan sumber belajar. tetapi untuk pengembangan media pembelajaran ini hanya dibatasi sampai development. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi Augmented Reality sebagai media pembelajaran pengenalan dan perakitan perangkat personal komputer.
References
Afif, N. 2019. “Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Islam. 2(I). Hlm 117-129
Amalia, E. & Suryani, D. 2019. “Augmented Reality Untuk Sistem Pernafasan Pada Manusia.” SMARTICS Journal. 5(II). Hlm 55-59.
Kumalasari. M. 2018. “Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD”. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. 2(1A). Hlm 1-11.
Mustaqim Ilm Yudiantika, A. R., Pasinggi, E. S., Sari, I. P., & Hantono, B. S. 2013. Implementasi Augmented Reality Di Museum. Yogyakarta: Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (KNASTIK).
Mustaqim Ilmawan & Kurniawan Nanang. 2017. “Pengembangam Media Pembelajaran Berbasis Aumented Reality.” Jurnal Edukasi Elektro. 1(I). Hlm 36-61.
Nurrita, T. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SiswA.” Misykat. 03(01). Hlm 171-187.
Ramdhani, M. A., & Muhammadiyah, H. 2015. “The criteria of learning media selection for character education in higher education.” Hlm 174-182.
Sari, N. K. O. P., Chrisnapati, P. N., Kesiman, M. W. A., & Sunarya, I. M. G. 2014. “Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Bookpengenalan Tata Letak Bangunan Pura Goa Lawah Dan Pura Goa Gaja.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 11(II). Hlm 68-79.
Wardani, S & Sari, M. 2015. “Pemanfaatan Aumented Reality pada Katalog Geometri.” Seminar Nasional Unversitas PGRI Yogyakarta. Hlm 402-406.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Miftah Rusydi Tanjung, Dedy Irfan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).