Rancang Bangun Aplikasi Android Pengenalan dan Perakitan Perangkat Personal Komputer Berbasis Augmented Reality

Authors

  • Miftah Rusydi Tanjung Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Padang , Indonesia
  • Dedy Irfan Jurusan Teknik Elektronika, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2980

Keywords:

Media Pembelajaran, Komputer, Augmented Reality, Vuvoria

Abstract

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Kurangnya pemanfaatan teknologi multimedia dalam pembelajaran dan kegiatan belajar yang monoton mengurangi minat siswa dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan komponen penting dalam pembelajaran. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dalam pembuatan aplikasi pengenalan dan perakitan komputer akan lebih menarik. Augmented reality (AR) yaitu penggabungan antara objek virtual dengan objek nyata. Pada penelitian ini dibuat media pembelajaran inovatif dan alternatif untuk mengenalkan komponen komponen perangkat keras kepada siswa dan simulasi perakitannya dengan Augmented Reality (AR) Metode yang digunakan dalam pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kegiatan model ini disusun dengan urutan yang sistematis untuk upaya pemecahan masalah belajar yang berkaitan dengan sumber belajar. tetapi untuk pengembangan media pembelajaran ini hanya dibatasi sampai development. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi Augmented Reality sebagai media pembelajaran pengenalan dan perakitan perangkat personal komputer.

References

Afif, N. 2019. “Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Islam. 2(I). Hlm 117-129

Amalia, E. & Suryani, D. 2019. “Augmented Reality Untuk Sistem Pernafasan Pada Manusia.” SMARTICS Journal. 5(II). Hlm 55-59.

Kumalasari. M. 2018. “Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD”. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. 2(1A). Hlm 1-11.

Mustaqim Ilm Yudiantika, A. R., Pasinggi, E. S., Sari, I. P., & Hantono, B. S. 2013. Implementasi Augmented Reality Di Museum. Yogyakarta: Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (KNASTIK).

Mustaqim Ilmawan & Kurniawan Nanang. 2017. “Pengembangam Media Pembelajaran Berbasis Aumented Reality.” Jurnal Edukasi Elektro. 1(I). Hlm 36-61.

Nurrita, T. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SiswA.” Misykat. 03(01). Hlm 171-187.

Ramdhani, M. A., & Muhammadiyah, H. 2015. “The criteria of learning media selection for character education in higher education.” Hlm 174-182.

Sari, N. K. O. P., Chrisnapati, P. N., Kesiman, M. W. A., & Sunarya, I. M. G. 2014. “Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Bookpengenalan Tata Letak Bangunan Pura Goa Lawah Dan Pura Goa Gaja.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 11(II). Hlm 68-79.

Wardani, S & Sari, M. 2015. “Pemanfaatan Aumented Reality pada Katalog Geometri.” Seminar Nasional Unversitas PGRI Yogyakarta. Hlm 402-406.

Downloads

Published

03-02-2022

How to Cite

Rusydi Tanjung, M., & Irfan, D. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Android Pengenalan dan Perakitan Perangkat Personal Komputer Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2724–2735. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2980

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check