Evaluasi Kinerja Pengawas Madrasah di Kota Pematang Siantar

Authors

  • Nurmaliyah Pardede Pengawas PAI Tk. Dasar Kemenag Kota Pematang Siantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2999

Keywords:

Evaluasi, Kinerja Pengawas Madrasah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi kinerja pengawas madrasah di Kota Pematang Siantar dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai pengawas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek penelitian ini ialah kepala madrasah dan Pengawas Madrasah Kota Pematang Siantar. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder sebagai sumber data. Sedangkan alat pengumpulan data melalui interview/wawancara, observasi  dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang masa observasi, triangulasi, dan pengamatan secara seksama, dan mengadakan member and check agar informasi yang diperoleh dapat digunakan dalam penelitian sesuai dengan apa yang dimaksud informan. Berdasarkan hasil temuan, maka diperoleh hasil bahwa evaluasi kinerja pengawas madrasah sebagai supervisi akademik sudah terlaksana dengan baik, namun belum maksimal. Beberapa faktor yang menyebabkannya, di antaranya adalah kinerja pengawas madrasah tidak didukung dengan ketersediaan sarana dan prasarana serta dana operasional yang masih sangat minim, dan kebanyakan para pengawas hanya sebatas memeriksa kelengkapan administrasi dan penyusunan perangkat pembelajaran guru saja, bahkan sangat jarang melakukan kunjungan kelas.

References

Aqib, Z. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Assingkily, M.S. 2021. Penelitian Tindakan Kelas: Meneliti dan Membenahi Pendidikan dari Kelas. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Habibullah, A. 2013. Kinerja Pengawas Pendidikan Agama Islam. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 11(1). http://jurnaledukasikemenag.org/index.php/edukasi/article/viewFile/425/364.

Manjta, W. 2005. Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Wineka Media.

Sahertian, P. 2008. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Siahaan, A., Rambe, A., & Mahidin, M. 2006. Manajemen Pengawas Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Simbolon, A.H., & Sembiring, W.M. 2015. Evaluasi Kinerja Badan Permusyawaratan Desa dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 3(2), 143-159. http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma/article/view/901.

Sondole, E.M.R., et.al., 2015. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi, dan Pengawasan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Pertamina (Persero) Unit Pemasaran VII Terminal BBM Bitung. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/9536.

Sulistyo, B. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Penaku.

Downloads

Published

03-02-2022

How to Cite

Pardede, N. . (2022). Evaluasi Kinerja Pengawas Madrasah di Kota Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 764–768. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2999

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check