Analisis Strukturalisme Dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Romansa Di Bawah Langit Karya Ervinadyp Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Sastra Indonesia Di SMP

Authors

  • Munfarihatul Fatihah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Een Nurhasanah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Slamet Triyadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3012

Keywords:

Struktural, Nilai-nilai Pendidikan, Novel

Abstract

Penelitian ini didasari dengan permasalahan, yaitu (1) Bagaimana analisis struktural dalam novel Romansa di Bawah Langit karya Ervinadyp? (2) Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam novel  Romansa di Bawah Langit karya Ervinadyp?. Tujuan dari penelitan ini adalah (1) Mendeskripsikan analisis struktural dalam novel Romansa di Bawah Langit karya Ervinadyp. (2) Mendeskripsikan apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam novel  Romansa di Bawah Langit karya Ervinadyp. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu novel Romansa di Bawah Langit karya Ervinadyp, buku-buku teori, jurnal, dan skripsi yang didapat melalui pustaka. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai alat untuk mengumpulkan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik pustaka, teknik baca, dan teknik catat.

References

Amirulloh. 2015. Teori Pendidikan Karakter Remaja dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta.

Amri, S. L. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Anas Salahudin, I. A. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung: CV Pustaka Setia.

Atmazaki. 2013. Mengungkap Masa Depan. Pembelajaran Bahasa Dalam Konteks Pengembangan Karakter Cerdas. Yogyakarta: UNP.

Azizah, F. N. 2019. ASPEK MOTIVASI PADA NOVEL DI BAWAH LANGIT MADANI KARYAYF RIJAL (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMP. Tegal: Universitas Panca Sakti Tegal.

Danarjati, d. D. 2014. Psikolinguistik Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dwi Susanti, K. 2018. Analisis Struktural Dan Kajian Religiusitas Tokoh Dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya ASMP Nadia . 1-1

Ervynadyp. 2019. Romansa di Bawah Langit. Jakarta: Sheila Pub.

Herningtias. C. D. 2021. ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL THE SUN OF THE RAIN KARYA VIONA PRAMESWARI. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 6, 292-299.

Kemendiknas. 2018. Nilai - Nilai Pendidikan Karakter. Jakarta.

Maharani Laila, M. M. 2016. Hubungan Self Awareness Dengan Kedisiplinanan Peserta Didik kelas VII di SMP Wiyatama Bandar Lampung. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 17-31.

Muhaimin, A. A. 2014. Pendidikan Yang Membebaskan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Muhammad Nazir. 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rahmayanti, A. 2015. Analisis unsur intriksik novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

Ridwan. 2016. PENDEKATAN STRUKTURALISME DALAM NOVEL SURGA YANG TAK DIRINDUKAN KARYA ASMA NADIA. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Saiful, B. D. 2018. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Samani, M. H. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sarie, Y. K. 2021. Perbandingan Cerita Rakyat Danau Toba dengan Cerita Rakyat Tsuru No Ongaeshi: Pendekatan Struktural. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3, 3740–3747.

Septiana. H dan Isnaniah. S. KAJIAN STRUKTURAL DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL HAYYA KARYA HELVY TIANA ROSA DAN BENNY ARNAS. Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 2, 11-38.

Setyawati, E. 2018. Analisis nilai moral dalam Surat Kecil Untuk Tuhan.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wicaksono, A. 2017. Pengkajian Frosa Fiksi. Dalam Erlangga, Pengkajian Frosa Fiksi Yogyakarta: Garudhawacana.

Winda Dwi Hudhana dan Mulasih. 2019. Metode Penelitian Sastra. Temanggung: Desa Pustaka Indonesia.

Downloads

Published

05-02-2022

How to Cite

Fatihah, M. ., Nurhasanah, E. ., & Triyadi, S. . (2022). Analisis Strukturalisme Dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Romansa Di Bawah Langit Karya Ervinadyp Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Sastra Indonesia Di SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 857–871. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3012

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check