Strategi Pengembangan Promosi Pada Jalan Bandung Coffee Shop

Authors

  • Inggraini Inggraini Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Hijriyantomi Suyuthie Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3052

Keywords:

Strategi Pengembangan Promosi, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan pengembangan promosi. Agar dapat bertahan dalam persaingan usaha Coffee Shop, Jalan Bandung Coffee Shop harus dapat menciptakan strategi dalam promosi sehingga mendatangkan laba bagi Jalan Bandung Coffee Shop. Permasalahan yang penulis temukan pada promosi Jalan Bandung Coffe Shop yaitu dalam hal advertising Jalan Bandung Coffee Shop hanya menggunakan instagram. Permasalahan selanjutnya ditemukan pada Promosi penjualan Jalan Bandung Coffee Shop, tidak adanya voucher khusus untuk pelanggan yang loyal atau paket hemat, yang kita tahu saat ini target pasar bukan hanya para pekerja tetapi juga mahasiswa dan pelajar dengan adanya paket hemat akan menarik para pelanggan yang low budget. Permasalahan pada Direct Marketing, pihak Jalan Bandung Coffee Shop hanya mengandalkan event yang diadakan di Jalan Bandung Coffee Shop seperti event Jalan Bandung bluesnight untuk melakukan promosi secara langsung kepada pelanggan, hal ini sangat terbatas karena jika tidak ada event maka proses promosi langsung tidak dapat tercapai. Jenis dari penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan metode wawancara menggunakan purposive sampling, dengan informan : Owner Jalan Bandung Coffee Shop, karyawan Jalan Bandung Coffee Shop, pelanggan Jalan Bandung Coffee Shop. Data yang terkumpul merupakan data strategi pengembangan promosi. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan November - Januari 2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa rumusan strategi pengembangan promosi di Jalan Bandung Coffee Shop yaitu: 1) Memaksimalkan pembuatan tema konten yang akan di promosikan di berbagai sosial media agar pelanggan tertarik untuk datang ke Jalan Bandung Coffee Shop. 2) Menciptakan berbagai macam voucher terbatas agar pelanggan penasaran dengan Jalan Bandung Coffee Shop. 3) Menciptakan berbagai macam pilihan voucher untuk menarik minat pengunjung.

References

Damore,L. 1998. Tourism-The World Peace industry Jurnal Of Trav Research.Vol. 27. No.1. Pp 35-40.

Wilks, J. and R. J. Davis (2000). Risk management for scuba diving operators in Australia's Great Barrier Reef. Tourism Management 21: 591-599.

Bintang Dwi N. R dan Agustin. 2010. Teknik Pengarungan dan Permainan dengan Media Arung Jeram. Jakarta: Pakis Adventure.

Kemenparekraf, 2018. Buku Pedoman Wisata Petualangan, Jakarta : Kemenparekraf

Adam, A. (2017). Mengikuti Keseharian Generasi Z Golongan Pertama. https://tirto.id/mengikuti-keseharian-generasi-z-golongan-pertama-ctLk

Suyuthie,H. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berkunjung Followers Ke Kota Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3) 9867-9872.

Pitana, I Gede dan Surya Diarta, I Ketut Surya, 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET (Penerbit ANDI).

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: alfabeta.

Moleong, 2011L.J., Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutama. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifm, PTK, R&D Surakarta: Fairuz Media Suryono dalam Primadany (2004:9)

Downloads

Published

09-02-2022

How to Cite

Inggraini, I., & Suyuthie, H. (2022). Strategi Pengembangan Promosi Pada Jalan Bandung Coffee Shop. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1185–1191. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3052

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check