Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce di UKM Aneka Kebaya Berbasis Web “(Studi Kasus : Baju Kebaya dan Rok Batik di Koto Tangah Simalanggang)”

Authors

  • Nadya Prima Teknik Elektronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Ahmaddul Hadi Teknik Elektronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3061

Keywords:

E-Commerce, Sistem Informasi, UKM, Framework Laravel

Abstract

Permasalahan yang terjadi di UKM Aneka Kebaya yaitu semua pengolahan data nya masih manual yaitu pengolahan data produk dan laporan penjualan. Pembuatan data produk dan laporan masih menggunakan kertas yang tentunya memakan banyak biaya untuk mencetaknya. Untuk meminimalisir kendala proses pengolahan data produk, maka di buatlah E-Commerce UKM Aneka Kebaya. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk membuat sistem informasi E-Commerce di UKM Aneka Kebaya. E-Commerce di toko UKM Dua Putra ini menggunakan kerangka PHP , Xampp dan Framework Laravel dalam proses penyusunan. Kerangka kerja ini dapat memudahkan programmer untuk membuat situs web E-Commerce. Setelah implementasi Sistem Informasi E-Commerce yang pada tugas terakhir ini berhasil. Sehingga bisa diterapkan oleh Toko UKM Aneka Kebaya, dalam hal ini promosi dan penjualan online dapat melakukan pengelolaan seluruh data produk, laporan data dan data pengguna. E-Commerce pada UKM Aneka Kebaya ini berbasis web dalam proses perancangan maupun pembuatanya. PHP, Xampp dan Framework Laravel ini dapat membantu dan memudahkan programmer dalam membuat website E-Commerce yang diinginkan. Template di PHP ini dapat menyediakan fasilitas-fasilitas yang umum dipakai sehingga tidak perlu membangun dari awal. Setelah dilakukan Implementasi Sistem Informasi E-Commerce pada tugas akhir ini, Sistem Informasi E-Commerce berhasil dengan baik. Sehingga dapat diimplementasikan oleh UKM Aneka Kebaya, dalam hal promosi dan penjualan online, serta dapat melakukan manajemen seluruh data produk, data laporan dan data user.

References

Adi Nugroho. 2009. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java. Yogyakarta: ANDI.

A.M. Hirin & Virgi. 2011. Cara Mahir Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Bunafit Nugroho. 2012. Panduan Membuat Program Toko dengan PHP, MySql dan Dreamweaver Point Of Sale (POS). Yogyakarta : Alif Media.

Hidayatullah, Priyanto dan Jauhari Kahirul Kawistara. 2014. Pemograman Web. Bandung: Informatika.

Leman. 1998. Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Rosa, Ariani Sukamto dan Shalahuddin M. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Obejk. Bandung: Informatika.

Wahana Komputer, (2006), Apa & Bagaimana E-Commerce, Andi, Yogyakarta.

Wong, Jony, 2010, Internet Marketing for Beginner, Elex Media Komputindo, Jakarta

Downloads

Published

09-02-2022

How to Cite

Prima, N., & Hadi, A. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce di UKM Aneka Kebaya Berbasis Web “(Studi Kasus : Baju Kebaya dan Rok Batik di Koto Tangah Simalanggang)”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1029–1035. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3061

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check