Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Teorema Pythagoras

Authors

  • Wiga Ariani Universitas Krisnadwipayana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3069

Keywords:

Praktikalitas, Lembar Kerja Perserta Didik, Penemuan Terbimbing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktikalitas Lembar Kerja Perserta Didik berbasis penemuan terbimbing pada materi teorema Pythagoras. Aspek-aspek praktikalitas dalam penelitian ini meliputi aspek kemudahan penggunaan LKPD, kepraktisan penyajian LKPD, keterbacaan atau bahasa, dan waktu yang digunakan. Instrument yang digunakan adalah angket praktikalitas LKPD yang telah di validasi oleh pakar matematika dan pakar bahasa. Metode penelitian yang digunakan adalah memberikan angket praktikalitas LKPD kepada guru dan peserta didik setelah field test (uji lapangan). Hasil praktikalitas LKPD menurut respon guru dari  semua aspek praktikalitas adalah 85.52% dengan kategori sangat praktis dan hasil praktikalitas LKPD menurut respon peserta didik dari semua aspek praktikalitas adalah 82.7% dengan kategori praktis.   

References

Arikunto, suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Depdiknas. 2014. Peraturan Menteri pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Mulyardi. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Mengggunakan Komik di Kelas 1 Sekolah Dasar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nieveen, Nienke. 1999. Design Approaches and Tools in Education and Training. Netherlands: Kluwer Academic Publishers

Plomp, Tjeerd. Educational Design Research: an Introduction. Dalam Tjeerd Plomp dan Nienken Nieeveen (Ed.). 2010. An Introduction to Educational Design Research. Enschede: SLO Netherlands Institute for Curriculum Development.

Purwanto, N. 2004. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasioanlnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Tessmer, Martin. 1993. Planning and conducting formative evaluations. London: Kogan Page, Chapter 10, Designing and ConductingFormative Evaluation, from Dick and Carey

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

03-01-2022

How to Cite

Ariani, W. . (2022). Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1073–1077. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3069

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check