Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Materi Keragaman Budaya di Nganjuk untuk Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3074Keywords:
Multimedia Interaktif, Model Pengembangan ADDIE, Keragaman Budaya di NganjukAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi disalah satu sekolah dasar diketahui siswa kesulitan dalam memahami materi karena kegiatan pembelajaran kurang menarik sehingga membuat siswa kurang minat untuk belajar. Terkhususnya mempelajari materi yang penuh dengan membaca yaitu pelajaran IPS, oleh karena itu perlu adanya media pendukung yang dapat menunjang pembelajaran menjadi menarik dan mudah dipahami. Penelitian menggunakan metode pengembangan (Research and Development / R&D ) dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, desaign, Development, Impelementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data berupa angket validasi ahli media, validasi ahli materi, dan uji kepraktisan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan kevalidan dan kepraktisan. Hasil dari penelitian pengembang multimedia interaktif dalam materi keragaman budaya di Nganjuk untuk kelas IV sekolah dasar dengan prosedur pengembangan ADDIE. Multimedia Interaktif memperoleh hasil validasi yaitu validasi ahli materi 100%, validasi ahli media 82% serta total gabungan persentase media ini adalah 91%. Selanjutnya uji kepraktisan diperoleh persentase 80%.
References
Akbar, Sa’dun. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Posdakaya.
Fitriana, Ahmad A, Fitria. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Remaja Dalam Keluarga. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 5(2), 182-194.
Ingsih, Kusni dkk. (2018). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Deepublish.
Karlina Hani. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama. Jurnal Literasi, Volume 1, Nomer
Purnama S. (2013). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). Literasi, Volume. Iv, No. 1.
Prihantana, M. A. S., Santyasa, W., Warpala, I W. S. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Animasi Stop Motion Untuk Siswa Smk. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 5.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development. Bandung: Alfabeta
Sapari, H., Jatmiko, B., & Hidayat, T. (2015). Terpadu Model Nested Untuk Meningkatkan. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(1), 753–763.
Tegeh ,I Made dkk. ( 2014). Model Penilitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wahyuni S. (2020). Improved Learning Outcomes of Social Science Lessons Through Montase Technique. Jurnal UNS, 3 (3), 938–943.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Tri Julianto, Karimatus Saidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).