Hubungan Antara Beban Kerja dengan Burnout pada Pegawai Aviation Security di Bandara Internasional Minangkabau

Authors

  • Purwanti Endah Rahayu Fakultas Psikologi, Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang, Indonesia
  • Harri Kurniawan Fakultas Psikologi, Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3112

Keywords:

Beban Kerja, Burnout, Aviation Security

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara beban kerja dengan burnout pada pegawai Aviation Security. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai Aviation Security yang berjumlah 54 Orang,  dengan jumlah sampel sebanyak 54 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling yaitu sampling jenuh. Uji validitas dan reliabilitas pada penelitian ini menggunakan teknik Alpha Cronbach. Indeks daya beda item pada skala beban kerja ini bergerak dari rix = 0,306 sampai dengan r ix = 0,810, dengan koefisien reliabilitas sebesar ? 0,927 dan Indeks daya beda item pada skala burnout dengan rix = 0,429 sampai dengan rix = 0,859, dengan koefisien reliabilitas sebesar ? 0,949. Penelitian ini menggunakan skala beban kerja dan skala burnout. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu menggunakan skala likert. Berdasarkan analisis data nilai korelasi adalah 0,437 dengan nilai signifikan 0,00, maka dapat diartikan hipotesis diterima. Dengan demikian disimpulkan terdapat hubungan antara beban kerja dengan burnout pada pegawai aviation security di Bandara International Minangkabau. Adapun sumbangan efektif dari variabel beban kerja dengan Burnout adalah sebesar 19%.

References

Admaja, I Gede Indra Wira. (2018). “Pengaruh Beban Kerja Terhadap Burnout Dengan Role Stress Sebagai Variabel Sebagai Mediasi Pada Karyawan Rumours Restaurant”. Skripsi. Bali: Universitas Udayana (UNUD) Bali.

Anandhika, M, Oscar. (2013). “Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Stres Kerja Karyawan PT. Kurnia Subur Grup”. Skripsi. Padang: Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, S. (2014). Penyusunan Skala Psikologi. Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ekaputri, Sarah Derma. (2013). “Strategi Organisasi Aviation Security Dalam Penanganan Gagguan keamanan Bandara (Study Deskriptif Pada Avsec Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau)”. Skripsi. Padang: Universitas Andalas.

Hartawati, Dewi. (2014). “Hubungan Antara Selft-Efficacy Dengan Burnout Pada Pengajar Taman Kanak-Kanak Sekolah “X” Di Jakarta”. Skripsi. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Hidayat, Hanif. (2012). “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja Dan disiplin Kerja Terhadap kinerja Guru Otomotif SMK Negeri Se-Kabupaten Sleman”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Katarini, Nikki Rasuna. (2011). “Burnout Pada Karyawan Ditinjau Dari Persepsi Budaya Organisasi Dan Motivasi Intrinsik Di PT. Krakatau Steel”. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kustoro, Lolo. (2012). “Kinerja Peralatan Bandara Adisujipto Yogyakarta”. Jurnal Perhubungan Penalitian Udara. Yogyakarta: Dinas Perhubungan Yogyakarta. Vol 3 No 1.

Mardiyansyah, Cecep. (2016). “Kajian Yuridis Kriminologis Terhadap Kejahatan Pencurian Dan Perusakan Bagasi Penumpang Pesawat Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Di Hubungkan Dengan KUHP JO UU No 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan”. Thesis. Bandung: Universitas Pasundan.

Maulida, Renita. (2015). “Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Stres Kerja Pegawai Kejaksaan Negri Painan”. Skripsi. Padang: Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang.

Noor, Jara Yunita. (2015). “Hubungan Antara Burnout dengan Kinerja Pada Guru SMPN 1 Pariaman”. Skripsi. Padang: Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang.

Paramitadewi, Kadek Ferrania. (2017). “Pengaruh Beban Kerja Dan Kompensasi Terhadap Pegawai Sekretariat Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan”. Skripsi. Bali: Universitas Udayana.

Panengah, Yogi Inggit. (2012). “Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Stress Kerja Pada Pekerja Di Sentra Industri Gamelan Wirun Sukoharjo”. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Prijayanti, Isnia. (2015). “Pengaruh Beban Kerja Dengan Dukungan Sosial Terhadap Burnout Terhadap Karyawan PT. X“. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Priyatno, (2013). Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta; MediaKom.

Putri, Dissy Viana Andani. 2014. “Analisis Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Burnout Pada Perawat”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Putu, Luh Ni. 2016. “Hubungan Beban Kerja Terhadap Burnout Syndrome Pada Perawat Pelaksana Ruang Intermidiet RSUP Sanglah”. Skripsi. Bali: Universitas Bina Usada Bali

Rahman, Ulfiani. (2007). “Mengenal Burnout Pada Guru”. Jurnal. Lentera Pendidikan, Edisi X, No 2.

Rolos, Jeky. (2016). “Pengaruh Beban Kerja terhadap Kinerja Pada PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Manado Kota”. Skripsi. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Romadhoni, Lalu Ciptadi. (2015). “Pengaruh Beban Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Dukungan Sosial Terhadap Burnout Pustakawan Di Kota Mataram”. Thesis. Mataram: Universitas Mataram.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendektan kualitatif kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

14-02-2022

How to Cite

Rahayu, P. E., & Kurniawan, H. . (2022). Hubungan Antara Beban Kerja dengan Burnout pada Pegawai Aviation Security di Bandara Internasional Minangkabau. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1316–1324. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3112

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check