Perancangan Perbaikan Positioning Indihome Study Berdasarkan Perceptual Mapping Dengan Metode Multidimensional Scaling

Authors

  • Sekar Arum Pramesti Program Studi Teknik Industri, Universitas Telkom, Indonesia
  • Yati Rohayati Program Studi Teknik Industri, Universitas Telkom, Indonesia
  • Kusmayanti Kusmayanti Program Studi Teknik Industri, Universitas Telkom, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3128

Keywords:

Positioning, Perceptual Mapping, Multidimensional Scaling, Layanan Bimbel Online

Abstract

Indihome Study merupakan layanan bimbel online yang menawarkan materi pembelajaran dan video pembelajaran untuk siswa kalangan SD, SMP, dan SMA. Dalam satu tahun lebih, penjualan Indihome Study tidak stabil. Dilakukan studi pendahuluan terhadap brand awareness pasar terhadap brand bimbel online yang diteliti pada penelitian ini. Didapatkan bahwa brand Indihome Study tidak dikenal secara luas Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem perbaikan positioning dengan menggali atribut yang dipertimbangkan saat berlangganan bimbel online, memetakan posisi Indihome Study beserta pesaingnya melalui perceptual mapping dengan menggunakan metode multidimensional scaling (MDS), dan membuat rekomendasi perbaikan positioning untuk meminimasi ketidakstabilan penjualan Indihome Study. Sampel yang digunakan pada pengumpulan data sebanyak 100 responden yang merupakan pengguna bimbel online. Berdasarkan hasil perceptual mapping, atribut yang dijadikan value proposition Indihome Study berada jauh dari Indihome Study, kecuali atribut harga. Atribut harga berada di peringkat pertama berdasarkan jarak Euclidean pada perceptual map, sedangkan atribut kualitas LMS berada di peringkat kelima dan reputasi brand berada di peringkat keenam. Dari hasil perceptual mapping juga didapatkan bahwa Indihome Study bersaing ketat pada satu wilayah dengan Apta School, Rumah Belajar Digital, SMARRT, dan Kelas Pintar dalam aspek harga. Dari hasil perceptual mapping, didapatkan rancangan perbaikan sistem terintegrasi positioning untuk Indihome Study berdasarkan atribut bimbel online yang merupakan value proposition Indihome Study. Rancangan sistem terintegrasi memiliki beberapa kelemahan. Rancangan sistem perbaikan dan standar kerja yang disusun oleh peneliti untuk mengantisipasi kelemahan rancangan sistem perbaikan telah divalidasi oleh Indihome Study, namun rancangan sistem perbaikan dan standar kerja pada atribut harga perlu dikonfirmasi dan disetujui oleh Telkom Pusat.

References

Daellenbach, Hans G., & McNickle, Donald. (2017). Management Science: Decision Making through Design Thinking. 1–615.

Hinson, Robert Ebo. (2017). Investigating market orientation and positioning in star-rated hotels in Ghana. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 29(10), 2629–2646. https://doi.org/10.1108/IJCHM-02-2016-0075

Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management 15th Edition. In Pearson Education. Harlow: Pearson Education Limited.

Lee, J. Lucy, Kim, Yukyoum, & Won, June. (2018). Sports brand positioning: Positioning congruence and consumer perceptions toward brands. International Journal of Sports Marketing and Sponsorship, 19(4), 450–471. https://doi.org/10.1108/IJSMS-03-2017-0018

Nemoto, Tomoko, & Beglar, David. (2014). Developing Likert-scale questionnaires (N. Sonda & A. Krause, eds.). Tokyo: JALT.

Pidd, Michael. (2018). Systems Modelling Theory and Practice. In Elements.

Putri, Devy Sintya, Wahyuningsih, Sri, & Goejantoro, Rito. (2018). Analisis Positioning dengan Menggunakan Multidimensional Scaling Nonmetrik (Studi Kasus?:Data Persepsi dan Preferensi Konsumen Berdasarkan Merek Smartphone di Samarinda, Kalimantan Timur). Jurnal Eksponensial, 9(1), 85–94.

Tarigan, Miska Irani, & Gultom, Parapat. (2018). ANALISIS POSITIONING E-COMMERCE DENGAN METODE MULTI DIMENSIONAL SCALING. Jurnal Ilmiah Methonom, 4(1), 1–8.

Downloads

Published

15-02-2022

How to Cite

Pramesti, S. A. ., Rohayati, Y. ., & Kusmayanti, K. (2022). Perancangan Perbaikan Positioning Indihome Study Berdasarkan Perceptual Mapping Dengan Metode Multidimensional Scaling. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1413–1424. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3128

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check