The Vocabulary Profile of the Questions Towards SBMPTN Documents in English Sections: A Content Analysis

Authors

  • Glenda Mutia Wiranty Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3142

Keywords:

Profil Kosakata, Frekuensi Kata, Jenis Soal, SBMPTN

Abstract

Sebagian besar siswa Indonesia yang telah lulus SMA diproyeksikan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Selain itu, mereka harus lulus tes pemahaman tertentu yang disebut “SBMPTN” (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Dalam tes itu, peserta didik akan disajikan dengan bagian bahasa Inggris yang terdiri dari beberapa bagian bacaan dengan lima belas pertanyaan. Dengan demikian, penelitian ini adalah analisis isi yang akan menguji kata dalam pertanyaan SBMPTN yang perlu dipelajari di tingkat sekolah menengah atas dengan menggunakan profil kosakata, selain itu penelitian ini juga meneliti jenis pertanyaan yang harus diketahui peserta atau peserta didik, untuk membuat peserta mampu menjawab pertanyaan dengan benar dan tepat dalam waktu yang terbatas. Hasilnya sebagian besar pertanyaan terdiri dari kata-kata dan kata-kata akademis dengan frekuensi tinggi, sedangkan dari segi jenis pertanyaan sebagian besar pertanyaannya adalah meminta pemahaman, gagasan utama dan kesimpulan. Penelitian ini juga memberi guru daftar kata dan jenis pertanyaan yang harus difokuskan untuk tahun senior sekolah menengah.

References

Anderson, L., Krathwohl, D., & Bloom, B. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing : a revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Longman.

Brown, D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Longman.

Culligan , B., Philips, J., & Browne, C. (2013). The List: New General Service List: Celebrating 60th Years of Vocabulary Learning. Retrieved from New General Service List: http://www.newgeneralservicelist.org/

Folse , K. S. (2004). In K. S. Folse, Vocabulary Myths: Applying Second Language Research to Classroom Teaching (pp. 3-45). The University of Michigan Press.

Harmer, J. (2001). The Practice of English Language Teaching . Harlow, United Kingdom : Pearson Education LImited .

Leech, G., Rayson, P., & Wilson, A. (2001). Word Frequencies in Written and Spoken English . London: Pearson Education Limited .

Nation , I. S. (2008). The Big Picture . In Teaching Vocabulary: Strategies and Techniques . Heinle, Cengage Learning .

Nation, P., & Waring, R. (1997). Vocabulary Size, Text Coverage and Word List. In Vocabulary: Description,Acquisition and Pedagogy (pp. 6-19). Cambridge: Cambridge University Press.

Types of Reading Questions. (n.d.). Retrieved from Gallaudet University : https://www.gallaudet.edu/tutorial-and-instructional-programs/english-center/reading-english-as-second-language/types-of-questions-and-tests/types-of-reading-questions.

Downloads

Published

17-02-2022

How to Cite

Wiranty, G. M. . (2022). The Vocabulary Profile of the Questions Towards SBMPTN Documents in English Sections: A Content Analysis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1482–1488. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3142

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check