Sharing Media Pembelajaran Kreatif antara Mahasiswa dan Guru untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Authors

  • Andina Halimsyah Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan , Indonesia
  • Aufa Aufa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan , Indonesia
  • Gustiani Gustiani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan , Indonesia
  • Mawaddah Mawaddah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan , Indonesia
  • Sri Ayu Monikha Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3169

Keywords:

Kualitas Pembelajaran, Media Pembelajaran, Pendidikan

Abstract

Salah satu penyebab belum baiknya kualitas pendidikan adalah banyaknya para tenaga pendidik yang masih menggunakan sistem belajar dengan metode ceramah dan hanya memanfaatkan buku sebagai media pembelajaran, padahal saat ini sudah banyak metode pembelajaran aktif yang dapat digunakan dan juga media kreatif yang dapat menunjang proses pembelajaran ke arah yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyadarkan pendidik bahwa saat ini sudah banyak media pembelajaran kreatif yang dapat digunakan guru sebagai penunjang proses pembelajaran agar kualitas pembelajaran yang dihasilkan semakin baik. Dengan menggunakan media pembelajaran kreatif guru bisa mengajak siswa ikut aktif dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini kami menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana kami akan menjelaskan secara rinci bagaimana hasil sharing yang kami lakukan bersama guru dan menjabarkan bagaimana media pembelajaran itu dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Dari penelitian yang kami lakukan setelah kami melakukan sharing tentang media pembelajaran kreatif kepada guru yang ada di SD Desa Silaumanik kecamatan Siantar mendapatkan hasil bahwa para guru di SD tersebut yang pada awalnya belum memahami bagaimana pentingnya media pembelajaran dalam suatu proses pembelajaran, setelah melakukan sharing guru akhirnya mengetahui bahwa pentingnya penggunaan media pembelajaran agar hasil belajar siswa semakin baik.

References

Assingkily, M.S. 2021. Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: K-Media.

Astuti, N. 2019. "Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Kartu Gambar pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Smart Kecamatan Serang, Kota Serang-Banten", Prosiding Seminar Nasional PG PAUD Untirta, 1(1), 263-274. https://semnaspgpaud.untirta.ac.id/index.php/semnas2017/article/view/59.

Fajarwati, R.I. 2019. "Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Melalui Media Audio Visual", Prosiding Seminar Nasional PG PAUD Untirta, 1(1), 305-314. https://semnaspgpaud.untirta.ac.id/index.php/semnas2017/article/view/63.

Insyira, Y.I. 2019. 'Pentingnya Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas", Prosiding Seminar Nasional PG PAUD Untirta, 1(1), 467-476. https://semnaspgpaud.untirta.ac.id/index.php/semnas2017/article/view/80.

Pribadi, B.A. 2017. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Usman, U. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yusri, D. & Zaki, A. 2020. "Penggunaan Media Pembelajaran", Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809-820. https://www.journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/1787.

Zunidar, Z. 2020. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Downloads

Published

22-02-2022

How to Cite

Rambe, A. H., Aufa, A., Gustiani, G., Mawaddah, M., & Monikha, S. A. . (2022). Sharing Media Pembelajaran Kreatif antara Mahasiswa dan Guru untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1606–1611. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3169

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check