Multimedia Interaktif Ceria untuk Pembelajaran Matematika dan IPA pada Sekolah Dasar Negeri 7 Sesetan

Authors

  • Ni Luh Putu Agetania eknik Informatika, STMIK STIKOM Indonesia, Indonesia
  • Ni Luh Putu Mery Marlinda eknik Informatika, STMIK STIKOM Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3174

Keywords:

Pengembangan, MIC, Tematik

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan produk yang membantu proses pembelajaran yang berupa media pembelajaran yang interaktif yang sering digunakan saat ini yang disebut multimedia interaktif yang sudah diujikan dan valid sebagai kriteria media pada tema lingkunganku khususnya pada pokok bahasan IPA dan matematika untuk siswa SD kelas 5 khususnya di SD Negeri 7 Sesetan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Pengembangan dengan model Bergman & Moore yang memiliki enam tahapan kegiatannya, antara lain: (1) analisa, (2) desain, (3) pengembangan media, (4) proses produksi media, (5) penggabungan unsur media, dan (6) validasi oleh para ahli. Secara garis besar penelitian ini menunjukkan persentase 80% dengan kategori hasil uji adalah sangat baik. Hasil yang diperoleh dari ahli media adalah sebesar 88% dan tergolong ke dalam kategoti sangat baik. Kemudian dari hasil uji coba terbatas dengan persentase 90% kualifikasi sangat baik. Hasil tersebut juga berpengaruh pada nilai posttest siswa yaitu dengan rata-rata 82 dari sebelumnya nilai rata-rata dari pretest 65. Sehingga dapat dikatakan bahwa multimedia interaktif ceria (MIC) yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal ini juga didukung dengan hasil uji paired samples t-test nilai t signifikan <0.01 atau 1%. Kesimpulannya bahwa pengembangan multimedia interaktif ceria (MIC) pembelajaran tematik khususnya pada bahasan IPA dan matematika di Sekolah Dasar khususnya di SD Negeri 7 Sesetan memiliki daya guna tinggi serta dapat diterapkan dalam pembelajaran khususnya di kelas 5 SD pada tema lingkunganku. Sehingga sangat diharapkan kedepannya para pengembang media dapat membuat media-media interaktif yang dapat mengembangkan minat belajar sehingga berimas kepada hasil belajar siswa.

References

Ariesto Hadi Sutopo. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

M. Suyanto. 2003. Multimedia: Alat untuk Menginkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi

Susilana, Rudi. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Tegeh, I Made. dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Singaraja : Yogyakarta Graha Ilmu.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet

Downloads

Published

23-02-2022

How to Cite

Putu Agetania, N. L. ., & Mery Marlinda, N. L. P. . (2022). Multimedia Interaktif Ceria untuk Pembelajaran Matematika dan IPA pada Sekolah Dasar Negeri 7 Sesetan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1629–1638. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3174

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check