Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Software Blender 3D

Authors

  • Ni Putu Meina Ayuningsih Sistem Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3185

Keywords:

Media Pembelajaran, Matematika, Blender 3D

Abstract

Seiring dengan masa pandemi covid 19 dan berkembangnya IPTEK, pemerintah mengharapkan adanya penggunaan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) dalam kegiatan pembelajaran yang inovatif di Sekolah. Salah satunya dalam proses pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) matematika di Sekolah Dasar untuk lebih memberikan kesempatan pada siswa dalam memahami konsep dengan menggunakan media pembelajaran berbasis TIK salah satunya adalah blender 3D. Dalam proses PJJ yang telah berlangsung, guru mengalami kesulitan dalam memfasilitasi siswa dalam memahami konsep abstrak matematika. Hal tersebut yang menyebabkan matematika menjadi mata pelajaran yang kurang disenangi siswa karena dianggap sulit dan kurang menarik perhatian siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 1 Celuk, Sukawati. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran matematika sekolah dasar menggunakan software blender 3D. Jenis penelitian ini adalah design research yang dilakukan melalui tahap preliminary research, prototyping stage, dan assessment phase. Data dikumpulkan menggunakan lembar pengamatan keterlaksanaan, angket tanggapan siswa, angket angket tanggapan Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid.

References

Anugraheni, Indri. 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar, A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT Vol.14, Hal 9 – 18.

Arindiono , Rudi Yulio, dkk. 2013. Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk siswa kelas 5 SD. JURNAL SAINS DAN SENI POMITS Vol. 2, No.1, (2013), hal. 28-32.

Maryani, Dwi. 2014. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 6 No 2, Hal 18 – 24.

Masykur, Rubhan,dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-jabar Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8, No. 2, 2017, Hal 177 – 186.

Saurina, Nia. 2017. Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Kelas IV SDN Banjarsugihan II Menggunakan Blender 3D. JUSTINDO, Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Indonesia, Vol. 2, No. 2 Agustus, Hal. 128-134.

Widad FY, Sakina, dkk. 2018. Video Pembelajaran Matematika Berbasis Microsoft Powerpoint 2016 Berbantuan Blender 3D. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, Vol. 1 No. 2, Hal. 515-525.

Downloads

Published

24-02-2022

How to Cite

Meina Ayuningsih, N. P. . (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Software Blender 3D. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1704–1710. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3185

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check