Optimasi Database Menggunakan SQL Kueri Klausa IN dan EXIST pada Database Oracle 12c. Studi Kasus pada Aplikasi di Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS

Authors

  • Samidi Samidi Universitas Budi Luhur, Magister Ilmu Komputer, Jakarta Selatan, Indonesia
  • Dika Andharu Universitas Budi Luhur, Magister Ilmu Komputer, Jakarta Selatan, Indonesia
  • Fajar Widyarto Universitas Budi Luhur, Magister Ilmu Komputer, Jakarta Selatan, Indonesia
  • Sutan Syahdinullah S Universitas Budi Luhur, Magister Ilmu Komputer, Jakarta Selatan, Indonesia
  • Samuel Yusach Eka W Universitas Budi Luhur, Magister Ilmu Komputer, Jakarta Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3269

Keywords:

Optimasi Database, Oracle 12c, Subkueri, Pengindeksan

Abstract

Aplikasi ini merupakan sistem yang mengakomodir kegiatan pengumpulan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) bagi para rescuer Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau dikenal dengan BASARNAS. Sistem ini sudah berjalan beberapa tahun ke belakang dan memiliki banyak data sehingga performa dalam pengambilan atau pencarian data tentunya semakin berkurang. Dengan adanya permasalahan tersebut maka perlu adanya penelitian yang mendukung dalam meningkatkan performa dalam pengambilan atau pencarian data, salah satunya yaitu optimasi basis data. Metode optimasi basis data yang difokuskan pada penelitian ini dengan melakukan studi bunding dari berbagai efektivitas subkueri serta penggunaan indexing pada tabel. Dalam pengujiannya, metode subkueri klausa IN memiliki hasil rata – rata dari 3,114 detik sebelum dilakukan pengindeksan menjadi 2,972 detik setelah dilakukan pengindeksan dan metode subkueri klausa EXISTS memiliki hasil rata – rata dari 3,087 detik sebelum dilakukan pengindeksan menjadi 2,935 detik setelah dilakukan pengindeksan.

References

Verma, A. (2011). Enhanced Performance of Database by. IJCSMS International Journal of Computer Science & Management Studies.

Gupta, M. K., & Chandra, P. (2011). An Empirical Evaluation of LIKE Operator in Oracle. BVICAM’s International Journal of Information Technology.

Connolly, T. M., & Begg, C. E. (2010). Database Systems : A Practical Approach to Design, Implementation, and Management. Boston: Pearson Education.

Mercioiu, N., & Vladucu, V. (2010). Improving SQL Server Performance. Informatica Economic?

Marlene, M., et al. (2014). Analisis Alat Bantu Tuning Fisikal Basis Data pada SQL Server 2008.

Indrajani. (2015). Analisis dan Penerapan Metode Tuning pada Basis Data Funding.

Oktavia, T. (2014). Evaluation Subquery Methods in Microsoft SQL Server 2008.

Lungu, I., Mercioiu, N., & Vladucu, V. (n.d.). Optimizing Queries in SQL Server 3008. Scientific Bulletin – Economic Sciences, Vol. 9 (15).

Hamad, M., M. (2008). Bitmap Index: A Data Structure for Fast File Retrieval.

Downloads

Published

07-03-2022

How to Cite

Samidi, S., Andharu, D. ., Widyarto, F. ., Syahdinullah S, S. ., & Eka W, S. Y. (2022). Optimasi Database Menggunakan SQL Kueri Klausa IN dan EXIST pada Database Oracle 12c. Studi Kasus pada Aplikasi di Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2297–2306. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3269

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check