PEMANFAATAN ADOBE FLASH CS6 BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS

Authors

  • Sri Rezeki Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.33

Keywords:

Adobe Flash CS6, Problem Based Learning, fungsi komposisi dan fungsi invers, Four-D

Abstract

Salah satu software media pembelajaran yang dapat digunakan pada pembelajaran matematika adalah Adobe Flash CS6. Salah satu materi pembelajaran matematika adalah materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan pemanfaatan  Adobe Flash CS6 berbasis pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Penelitian ini merupakan penelitian pra pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan model Four-D yang terdiri dari empat fase yaitu define, design, develop dan dessiminate.

References

Agustina Ridhowati. 2016. Aplikasiflash Macromedia Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang Hidrosfer Pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal GeoEco ISSN: 2460-0768 Vol. 2, No. 1 (Januari 2016)
Ahmad Sutopo. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Graha. Yogyakarta
Akbar, Amrullah. 2008. Adobe Flash CS6. Penerbit Andi Yogyakarta.Yogakarta
Anugrah Setiawan, Karmila Suryani, Ashabul Khairi.2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based LearningUntuk Siswa SMK Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Bung Hatta
Any Herawati.2013. Pembelajaran Kooperatif TAI dan Game Puzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika. Pendidikan Matematika-Pascasarjana Universitas Negeri Malang Jurnal Pendidikan Sains, Volume 1, Nomor 2, Juni 2013, Halaman 126-132
Apriyani, Tri. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Adobe Flash CS6 UntukMeningkatkan Keterampilan Membaca Teks Pendek Bahasa Perancis Siswa Kelas XI SMA El Shadai Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta. (32:194)
Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed). New York, NY: Mc Graw Hill Companies.
Dentikia Aprilia Wahyuni. 2017. Pengembangan bahan ajar pembelajaran matematika berbasis multimedia pada materi peluang SMA kelas XI. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta
Erdhin Lies Tyanto. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional Cs6 Dengan Memperhatikan Fungsi Kognitif Rigorous Mathematical Thinking (Rmt) Pada Materi Melukis Segitiga. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
Kadek Aditya Pradipta Yasa, Ketut Udy Ariawan, I Wayan Sutaya. 2017.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Materi Elektro Listrik Untuk Kelas Xi Mipa Dan Ips Di Sma Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 14, No. 2, Juli 2017
Madcoms.2013. Mahir dalam 7 Hari: Adobe Flash CS6. Yogyakarta
Miftakhul Rohman. Muhammad Yasin, Iwan Marwan. 2017. Pengaruh Media Adobe Flash dalam Pembelajaran Fiqih. Jurnal edudeena Vol. 1 No. 2 Juli 2017
Muhson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol VIII No. 2 Hal 1-10
Purwantoko. 2010. Kefektifan Pembelajaran dengan Menggunakan Media Adobe Flash CS6 Terhadap Pemahaman IPA Pokok Bahasan Kalor Pada Peserta didik SMP.Jurnal Pendidikan Fisika (Online).(http://journal.unnes.ac.id, diakses tanggal 14 Februari 2014)
Murawan. 2015. Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 UntukMeningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Purwakarta. Jurnal Pendidikan Fisika.Universitas Sebelas Maret.
Mustamid, Hendri Raharjo. 2015. Pengaruh efektifitas Multimedia pembelajaraan Macromedia flash 8 terhadap motivasi Belajar siswa pada materi fungsi Komposisi dan invers. Jurnal EduMa Vol.4 No.1 Juli 2015
Permendikbud. Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah
Pratiwi Oktaviani, Hartono, Putut Marwoto. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik. Pancasakti Science Education Journal, 2 (2), Oktober 2017
Purwanto. 2004. Pengembangan Materi E-Learning di PUSTEKKOM. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional : “ Implementasi E-Learning di Indonesia, Prospek dan Tantangan bagi Sistem Pendidikan Tinggi Nasional”. Bandung : IAIN, BPPT, dan STTMI
Radeal Wirawa. 2013. Aplikasi alat bantu mengajar matematika menggunakan adobe flash CS6. JURNAL SISFOTEK GLOBAL ISSN : 2088 – 1762 Vol. 3 No. 1
Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. 7
Rina Izlatul Lailiyah .2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang Kelas XAk SMK Muhammadiyah 1 Taman
Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran: MengembangkanProfesional Guru. Jakarta:rajawali Pers
Sadiman, Arief S,dkk.2010. Media Pendidikan:Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya.Jakarta:Rajawali Pers
Sofiyatul Hidayah, Sri Wahyuni, Hety Mustika Ani. 2017. Penggunaan media pembelajaran interaktif dengan Aplikasi adobe flash cs6 untuk meningkatkan motivasi Belajar pada kompetensi dasar menganalisis peran, fungsi Dan manfaat pajak (studi kasus siswa kelas xi ips 1 man 1 jember Semester genap tahun ajaran 2016/2017). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial Volume 11 Nomor 1
Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2(2), 68-73.
Sumarmo,U. 2003. Pengembangan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi pada Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu (S1) melalui berbagai Pendekatan Pembelajaran. Bandung. Laporan Penelitian Pascasarjana UPI-Bandung
Sutopo, H.A. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta : Graha Ilmu
Rahayu kariadinata. 2007. desain dan pengembangan perangkat lunak (software) pembelajaran matematika berbasis multimedia. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN)- Bandung.
Syukron Khamzawi. 2015. Pengembangan multimedia interaktif berbasis
Model pembelajaran problem based learning Pada mata pelajaran fisika pokok bahasan fluida dinamis untuk sma kelas xi. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, Volume 2, Nomor 1, Mei 2015
Wahyuni Susilowati dan Joni Susilowibowo.2017.Efektivitas Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Software Adobe Flash Professional CS6 Terhadap Hasil Belajar Materi Jurnal Penyesuaian Kelas X Di SMK Prapanca 2 Surabaya. Jurnal pendidikan akutansi
Zelmi Asnila. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X Sman 3 Tambusai. FKIP UP

Downloads

Published

24-06-2018

How to Cite

Rezeki, S. (2018). PEMANFAATAN ADOBE FLASH CS6 BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 856–864. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.33

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check