Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menangani Masalah Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu dan Tunawicara di SMKN 4 Kota Jambi

Authors

  • Taufik Hidayat Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
  • Nelyahardi Gutji Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
  • Fellicia Ayu Sekonda Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3302

Keywords:

Upaya Guru BK, Menangani Masalah, ABK

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya upaya guru bimbingan konseling dalam menangani masalah ABK tunarungu dan tunawicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran upaya guru bimbingan konseling dalam menagani masalah ABK di SMK N 4 Kota Jambi. Guru bimbingan konseling memiliki beberapa upaya dalam menangani masalah ABK yaitu guru bimbingan konseling melakukan needassessment, guru bimbingan konseling memiliki instrument berupa angket, guru bimbingan konseling memiliki program khusus bagi ABK dan guru bimbingan konseling memiliki fasilitas bagi ABK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen dan analisis datanya secara kualitatif. Dalam penelitian ini ada seorang guru bimbingan konseling sebagai pendampingan bagi ABK tunarunggu dan tunawicara di sekolah berupaya menyelesaikan masalah yang di alami siswa tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat upaya guru bimbingan konseling dalam menangani masalah ABK tunarungu dan tunawicara yaitu: melakuan needassessment, memberikan bimbingan, arahan dan motivasi, serta bekerjasama dengan pihak lain.

References

Abdul Hadis dan Nurhayati. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabetha.

Alimin, Zaenal. 2010. Reorientasi Pendidikan Khusus/PLB (Special Education) Ke pendidikan Kebutuhan Khusus (Special Needs Education) Usaha mencapai pendidikan untuk semua. http://zalimin.blogspot.com/2010/04/reorientasi- pendidikan-khususplb.html 30. Diakses; 30-11-2020.

Anwika, Yuka Martlisda. 2013. SKRIPSI “Peran Pelatih Program Pelatihan Keterampilan Bermusik dalam Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Musisi Jalanan (Kasus di Rumah Musik Harry Roesli (RMHR) Kota Bandung)”. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Al Muchtar, S. 2015. Dasar Penelitian Kualitatif. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Asrori. 2020. Psikologi pendidikan pendekatan multidisipliner. Jawa Tengah: Pena Persada.

Baskoro, W. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Setia Kawan.

Bilqis. 2014. Lebih Dekat dengan Anak Tuna Daksa. Tanpa Kota: Relasi Inti Media. Cici, Fitri, R. 2019. Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Membantu

Pencapaian Tugas Perkembangan Sosial Pesrta Didik Berkebutuhan Khusus pada Pendidikan Inklusif (studi di SMK Negeri 4 Padang). Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Creswell, John W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Dithaprasanti. 2018. Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam

Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar.

Elma, Julita. 2019. Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Proses Belajar Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (studi Kelas di SLB Labui). Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Elviana. 2019. Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Studi Gender dan Islam serta Perlindungan Anak. Vol 8, No 1.

Geniofam. 2010. Mengasuh & Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus.

Jogjakarta: Gerai Ilmu.

Gusnur Wahid. 2019. Pembelajaran Artikulasi Huruf Hijaiyah untuk Anak Tunarungu. Jawa Barat: CV. Setia Media Penerbit.

Hikmawati, Fenti. 2011. Bimbingan Konseling. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Ismaya, B. (2015). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama. Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi. Bandung:

PT Refika Aditama.

Lattu Desje, Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Pada Sekolah Penyelenggara pendidikan Inklusi, Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, (Volume 02 Number 01 2018). Diakses; 10-09-2020.

Mudjia Rahardjo. 2017. Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif Konsep dan Prosedurnya. Jurnal Ilmiah. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Moh Toharudin & Munawir Yusuf. 2020. Menejemen Pelatihan Guru Sekolah Dasar Inklusif Berbasis Kebutuhan. Jawa Tengah: Lakeisha.

Nursalim, Mochamad. 2015. Pengembangan Profesi Bimbingan & Konseling.

Jakarta: Erlangga.

Rafael, Lisinus & Pastiria, Sembiring. 2020. Pembinaan anak berkebutuhan Khusus (Sebuah perspektif bimbingan dan konseling). Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Rasimin dan Muhammad Hamdi. 2018. Bimbingan dan Konseling Kelompok.

Jakarta: Bumi Aksara.

Restian, Arina. 2017. Pembelajaran Seni Tari di Indonesia dan Mancanegara.

Malang: Umm Press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V.W. 2014. Metodologi penelitian lengkap, praktis dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Sujarwanto & Pudjiastuti. 2021. Bimbingan dan Konseling Anak berkebutuhan Khusus. Surabaya: CV. Jakad media Publishing.

Sutja, A. 2017 . Penulisan Skripsi untuk Prodi Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Wahana Resolusi.

Suparno, dkk. 2007. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Switri, Endang. 2020. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jawa Timur: Qiara Media.

Wekke, Ismail, Suardi. 2018. Peserta Didik dan Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Widodo, W., & Surjaningrum, E. R. 2014. Studi Perbandingan Kemampuan Working Memory pada Pecandu Ganja dan Non Pecandu Ganja. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, (Vol.03 No.02) Diakses; 10-09-2020.

Yusuf L.N, Syamsu & Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

09-03-2022

How to Cite

Hidayat, T. ., Gutji, N. ., & Sekonda, F. A. . (2022). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menangani Masalah Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu dan Tunawicara di SMKN 4 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2517–2521. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3302

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check