Penentuan Peringkat Calon Pasangan Hidup dengan Metode Weighted Product (WP) Studi Kasus Ktmu (Komunitas Ta’aruf Membangun Umat) Jakarta

Authors

  • Anggi Triyani Program Studi Magister Ilmu Komputer, Universitas Budi Luhur, Indonesia
  • Indra Indra Program Studi Magister Ilmu Komputer, Universitas Budi Luhur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3318

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Analisis Penentuan Nilai Calon Pasangan Hidup, Ta’aruf, Weighted Product (WP)

Abstract

Sudah menjadi sebuah ketentuan di dalam agama Islam dalam memilih calon pasangan hidup, setidaknya ada dua hal yang harus diperhatikan, pertama yaitu dalam hal proses pemilihan dan kedua dalam hal prinsip kesepadanan. Pada proses alamiah yang terjadi pada manusia dalam hal memilih pasangan hidup melibatkan penginderaan, rasa ketertarikan dan pendekatan. Sementara prinsip ke dua yang harus dipegang oleh manusia adalah beriman kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yaitu adalah kesepadanan, sedangkan faktor-faktor pendukung lainnya adalah dilihat dari kemampuan atau kecakapan untuk menikah, latar belakang budaya, ekonomi atau status sosial dan usia. Indonesia sebagai salah satu negara dengan umat muslim terbanyak di dunia dengan lebih dari 87% penduduk beragama Islam tentunya sudah tidak asing dengan istilah ta’aruf. Sebagai manusia yang beriman tentunya kita juga harus percaya penuh bahwa jodoh manusia telah Allah tetapkan sejak sebelum manusia tersebut diciptakan. Namun pada dasarnya sebagai manusia biasa kita tentunya mempunyai keterbatasan dalam hal nalar dan fikiran sehingga kita tidak dapat menebak siapa yang akan menjadi jodoh yang Allah tetapkan untuk kita nanti. Maraknya cara berta’aruf seperti menggunakan sosial media menimbulkan kekhawatiran karena pada prosesnya tidak syar’i. Selain itu ada juga dengan pemanfaatan jaringan di media sosial sebagai tempat untuk ta’aruf akan menjadi pekerjaan rumah tersendiri karena di dalam menyeleksi data yang bersifat semi terstruktur. KTMU (Komunitas Ta’aruf Membangun Umat) Jakarta sebagai platform di bidang sosial yang mempunyai tanggung jawab untuk membangun kehidupan masyarakat Madaniyah (beragama), ta’at kepada aturan Islam dan segala aturan yang berlaku di negara Indonesia sehingga melahirkan keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah dirasa sangat perlu untuk memanfaatkan teknologi yang lebih signifikan untuk mengolah data setiap calon alternatifnya. Dipadukan dengan metode Weighted Product (WP) yang mempunyai kemampuan baik untuk mengolah data pada setiap calon alternatif agar mendapatkan output yang dapat menghasilkan nilai atau value. Sehingga dapat mempermudah KTMU (Komunitas Ta’aruf Membangun Umat) Jakarta dalam mengambil keputusan untuk menjalankan visi dan misinya di dalam mendapatkan calon pasangan hidup yang telah dianggap sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu adalah sebuah nilai vektor dari setiap kandidat yang dapat mereprestasikan nilai atau value yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan calon pasangan yang telah dinyatakan siap.

References

Aan Yulianto. (2014) Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta dengan Metode AHP dan TOPSIS, Universitas Negeri Yogyakarta.

Abdul Halim Hasugian dan Hendra Cipta. April. (2018). Analisa dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pasangan Hidup Menurut Budaya Karo dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP), Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika Vol. 2, No. 1. ISSN 2598-6341 (online).

Aliy Hafiz dan Muhammad Ma’mur. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik dengan Pendekatan Weighted Product (Studi Kasus: PT. Telkom Cab. Lampung, Program Studi Manajemen Informatika, Amik Dian Cipta Cendikia Bandar Lampung.

Amroni. Oktober. (2015) Penerapan Sistem Penunjang Keputusan dengan Metode Weighted Product (WP) Untuk Menentukan Jodoh Dalam Pandangan Islam dan Umum, STIKOM Dinamika Bangsa, Jambi, Jurnal Ilmiah Media SISFO Vol. 9 No. 2.

Ari Pusparini. (2019). Komunikasi Interpersonal Dalam Upaya Proses Ta'aruf (Studi Pada Komunitas Klinik Nikah Malang), Universitas Muhammadiyah Malang.

Aulia Primarizky. (2013). Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Promosi Jabatan Menggunakan Metode Weighted Product (WP) (Studi Kasus: Badan Kepegawaian Negara Kantor Wilayah III Bandung), Universitas Pendidikan Indonesia.

Cahya Dsn. (2015). https://cahyadsn.phpindonesia.id/extra/wp.php.

Deni Kurnianto Nugroho. (2018) Pengembangan dan Analisis Kualitas Sistem Pendukung Keputusan Sebagai Aplikasi Rekomendasi Pemilihan Beasiswa di Perguruan Tinggi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Dona, et. All. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Weight Product (WP) (Studi Kasus: Universitas Pasir Pengaraian), Riau Journal of Computer Science Vol. 4 No.1 Juli.

Dwi Suci Anggraini. (2018). Perancangan Aplikasi Pendukung Keputusan Penentuan Pasangan Terbaik dalam Pandangan Islam dengan Metode AHP. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer). Vol. 2, No. 1, Oktober 2018. ISSN 2597-4645 (media online). ISSN 2597-4610 (media cetak).

Erna Ningsih, et. All. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Peluang Usaha Makanan Yang Tepat Menggunakan Weighted Product (WP) Berbasis Web, ILKOM Jurnal Ilmiah Vol. 9 No. 3 Desember.

Hanik Rosyidah. (2017) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Menemukan Pasangan Hidup Menurut Kelas Cinta, UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

https://aeroyid.wordpress.com/2014/01/16/metode-weighted-product-wp.

http://arofah.com/big-data-adalah.

http://asagenerasiku.blogspot.com/2012/03/menentukan-nilai-rata-rata-dari-sebuah.html.

Isnawati Rais. (Juni 2014). Tingginya Angka Cerai Gugat (Khulu’) di Indonesia, Analisis Kritis Terhadap Penyebab dan Alternatif Solusi Mengatasinya, Al- ‘Adalah Vol. 12, No. 1.

Jogiyanto, (1995). Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, Andi. Yogyakarta.

Linda Liana, (2015). Pengujian Perangkat Lunak (Software Testing), Fakultas Ilmu Komputer Program Study Sistem Informasi, Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Madroni. (2018) Sistem Rekomendasi Pemberian Beasiswa Kuliah Guru Yayasan dengan Metode Simple Additive Weighting Studi Kasus di YPP Mathlabul Huda Pandeglang, Universitas Budi Luhur. Jakarta.

Paiman. (2014). Metodologi Penelitian, Digilab Unila.

Pengertian Metode Weighted Product (WP)-Script Source Code-Contoh Program Aplikasi PHP (sistemphp.com).

Ramadhansyah Sulistia. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Hirarki Naive Bayes dan AHP untuk Alternatif Calon Pasangan (Kasus: Proses Ta’aruf di Indonesia). Program Magister Departemen Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Tesis–SS142501.

Rima Tamara Aldisa. (2019). Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Menu Terbaik Dengan Perbandingan Metode SAW (Simple Additive Weighting) dan Weighted Product (WP). Program Studi Magister Ilmu Komputer Universitas Budi Luhur. Jakarta.

Rizal Bahara. (2013). Rancang Bangun Sistem Penunjang Keputusan pada Biro Jodoh Syariah, Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis IPB.

Rokhmana. (2012). Metode Penelitian, eprints.walisongo.ac.id.

Rosidatun Munawaroh. (2018). Konsep Ta’aruf dalam Perspektif Pendidikan Islam. Universitas Raden Intan Lampung.

Saad Saefullah. (2019). https://www.islampos.com/cara-memilih-calon-istri-menurut-agama-islam-perhatikan-ini-133690.

Suhud Raharjo. (2015) Sistem Pendukung Keputusan Pencarian Calon Pasangan Hidup Islami Menggunakan Metode Simple Additive Weighting, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wahyu Wibisana. (2016) Pernikahan Dalam Islam, Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim Vol. 14 No. 2.

Wandy. (2016). http://wandy-genesis.blogspot.com/2016/04/pengujian-sistem-informasi.html.

Yulian Purnama. (2009). https://muslim.or.id/657-memilih-pasangan-idaman.html

Yulisa Purwati dan Kusrini. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web untuk Pemilihan Jodoh Islami dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). STMIK AMIKOM. Yogyakarta.

Downloads

Published

11-03-2022

How to Cite

Triyani, A. ., & Indra, I. (2022). Penentuan Peringkat Calon Pasangan Hidup dengan Metode Weighted Product (WP) Studi Kasus Ktmu (Komunitas Ta’aruf Membangun Umat) Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2615–2627. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3318

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check