PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SHOW AND TELL PADA SISWA KELAS V SDN 003 PULAU PADANG KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Main Article Content

Zulfatril Adisyah Putra

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar IPA pada siswa kelas V SDN 003 Pulau Padang kabupaten Kuantan Singingi. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran show and tell. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran show and tell dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas V SDN 003 Pulau Padang kabupaten Kuantan Singingi. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s.d Agustus 2019. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2018-2019 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang yang terbagi atas 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada sebelum tindakan dilaksanakan, aktivitas belajar IPA pada siswa kelas V SDN 003 Pulau Padang kabupaten Kuantan Singingi hanya mencapai persentase 50,91% atau tergolong kurang baik. Sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 63,64% atau tergolong cukup baik. Pada siklus II aktivitas belajar IPA pada siswa kelas V SDN 003 Pulau Padang kabupaten Kuantan Singingi meningkat lagi menjadi 86,36% atau tergolong baik

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putra, Z. (2019). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SHOW AND TELL PADA SISWA KELAS V SDN 003 PULAU PADANG KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1128-1140. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/332

References

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, J. M. 2011. 7 Tips Aplikasi Pakem (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Yogyakarta: Diva Press (Anggota IKAPI)
Aunurrahman, 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Azmiyawati, dkk. (2008). IPA Salingtemas 5 untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan, Depertemen Pendidikan Nasional.
Porter, BD. 2011. Quantum Learning (Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan), Bandung: Mizan Media Utama.
Budimansyah, D. 2012. PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Genesindo
Dananjaya, U. 2010. Media Pembelajaran Aktif, Bandung: Nuansa.
Depdikbud. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007
Hamalik, O.2010. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Nejawati, A. 2017. Penerapan Model Show and Tell untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Majasari Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang”. Kabupaten Subang: Universitas Subang.
Nor, M. 2010. Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: Tim Pengembang LPMT dan PSMS Unesa.
Nupus, MH. 2017. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Show And Tell di Kelas III C SD Negeri 3 Banjar Jawa. Surabaya: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Pinto, L.E. 2014. 95 Strategi Pengajaran (Ide-ide Remodeling Pelajaran yang Mengacu ke Kurikulum Inti). Jakarta. PT. Indeks.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Syah, M. 2011. Psikologi Belajar, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persad.
Uno dkk, H.B. 2012. Assessment Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Uno dkk, H.B. 2011. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif dan Menarik (PAILKEM), Jakarta: Bumi Aksara.
Yamin, M. 2010. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Zaini, H. 2010. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Insan Madani CTSD, Edisi Revisi.