Implementasi Manajemen Model Teaching Factory di SMK

Authors

  • Heny Wahyuni SMK PGRI 2 Prabumulih, Indonesia
  • Nur Ahyani Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Tahrun Tahrun Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3321

Keywords:

Manajemen, Teaching Factory, Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen model teaching factory di SMK Negeri 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan mereduksi data, mendisplay data dan memverivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen model teaching factory di jurusan desain pemodelan dan interior bangunan SMK Negeri 2 Palembang mulai dari perencanaan, pengorganisasaian, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut sudah terlaksana dengan baik. Siswa sudah mampu merancang dan membuat model desain pemodelan dan informasi bangunan sesuai dengan project yang diberikan pembimbing. Pembimbing hanya berperan sebagai fasilitator dalam memberikan bimbingan dan pengarahan kepada siswa. Evaluasi model teaching factory dilaksanakan dengan kegiatan pemeriksaan terhadap hasil produk oleh ketua program keahlian, jika ketua program keahlian sudah menganggap bahwa hasil produk sudah baik, maka ketua jurusan atau ketua program akan meneruskan hasil kerja untuk diperiksa oleh kepala sekolah. Evaluasi manajemen model teaching factory dilakukan untuk mengetahui keberhasilan program yang telah direncanakan dan dilaksanakan dan digunakan juga untuk membuat perencanaan program selanjutnya. Implementasi tindaklanjut manajemen model teaching factory sudah terlaksana dengan baik

References

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar. (2016). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Berutu, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Teaching factory untuk Meningkatkan Kompetensi Keahlian Body Refair dan Karoseri pada Siswa SMKN 1 Medan. Tesis Program Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Medan Area

Dadang. (2020). Model Pembelajaran Teaching factory untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Mata Pelajaran Produktif di SMK Negeri 6 Kota Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Direktorat Pembinaan SMK (2017). Tatakelola Pelaksanaan Teaching Factory. Jakarta: Direktorat Jendral Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Bahan Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Pembelajaran SMK Seri Pelaksanaan Prakerin. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Mulyasa, E. (2008). Kurikulum Berbasis Kompetensi (Konsep, Kerakteristik, Implementasi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gunawan, S. (2015). Pelaksanaan Teaching factory dan Faktor-Faktor Penghambat Serta Pendukung Teaching factory Di Program Studi Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamidi. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press

Hamid, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta

Hasibuan, M. S. P. (2005). Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan Ke Tujuh. Jakarta: Bumi Aksara.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Diklat Manajemen Unit Produksi/Jasa sebagai Sumber Belajar Siswa dan Penggalian dana Pendidikan Persekolahan. Jakarta: Dirjen PMPTK.

Khurniawan, A. W. (2015). Teaching factory Coaching Programme. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunthi, H., Mundilarno., & Mariah, S. (2018). Implementasi Manajemen Teaching factory Di Prodi Kriya Kulit SMKN 1 Kalasan. Jurnal Media Manajemen Pendidikan, 1(1).

Iriyanti. (2019). Pelaksanaan Teaching factory (TEFA) pada Program Keahlian Teknologi dan Rekayasa di SMK Negeri 4 Semarang. Skripsi: UNNES.

Moerwismadi. (2011). Evaluasi Pelaksanaan Teaching factory SMK Yogyakarta: UNY.

Terry, R., G., & Rue, L. W. (2010). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Suady, E. (2001). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung. Refika Aditama.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Usman, H. (2010). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Patoni, U. (2014). Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Rosdakaya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.

Wijaya, B. (2014) Model Pengelolaan Teaching factory SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan, 30(2), 35-48

Downloads

Published

13-03-2022

How to Cite

Wahyuni, H. ., Ahyani, N. ., & Tahrun, T. (2022). Implementasi Manajemen Model Teaching Factory di SMK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2781–2792. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3321

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check