PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Fitria Rahayu Kusuma Anggraeni
Indri Anugraheni

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa melalui model Problem Based Learning pada pembelajaran matematika di kelas IV semester I. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Perolehan data melalui teknik tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tingkir Tengah sebanyak 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: peningkatan hasil belajar matemtaika sebesar 64% siswa tuntas pada siklus I dan 92% siswa tuntas pada siklus II. Dengan demikian telah terbukti bahwa model pembelajaran Problem Based Learning  dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anggraeni, F., & Anugraheni, I. (2019). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1178-1183. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/337

References

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Pedagogik ,3 (3), 73.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Fuad, I. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kemendikbud. (2016). Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.
Kumalasari, D. (2018). Konsep Pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam Konsep Pendidikan Taman Siswa. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah,. 8 (1), 25.
Normala, & Anugraheni. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika MelauiPendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Scholaria, 7 (3) 243.
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan. 1 (1), 37.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pbelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Widiantono, N., & Harjono, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. SCHOLARIA. 7 (3), 201.
Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).