PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JARAK DALAM RUANG UNTUK SMA KELAS XII

Authors

  • Azriah Azriah Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.34

Keywords:

Macromedia Flash, Daya ingat dan minat belajar, Jarak dalam ruang

Abstract

Salah satu peningkatan kualitas pembelajaran adalah dengan pemilihan strategi atau cara dalam penyampaian materi pembelajaran agar diperoleh peningkatan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah. Salah satu cara penyampaiannya adalah dengan menggunakan Media Interaktif Visual. Pembelajaran dengan menggunakan media interaktif visual berbantuan animasi komputer memberikan kesempatan kepada peserta didik menjadi lebih aktif dan interaktif. Tujuan pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan animasi ini adalah agar dapat memberikan kemudahan dalam penyampaian pembelajaran pada materi jarak dalam ruang sehingga dapat meningkatkan daya ingat peserta didik dan lebih menarik minat belajar peserta didik. Dengan menggunakan Media Interaktif Visual  maka dapat mendukung tercapainya pemahaman dalam proses pembelajaran di kelas

References

Indra , B. (2013). “Penggunaan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Topologi Jaringan Komputer Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tik Peserta didik Kelas Xi Sma N 1 Godean”. Universitas Negri Yogyakarta.
Munir. 2013. Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Nur, M. Haris, A. Peserta didiknto, B. (2016). “Perancangan Media Pembelajaran Menggambar Teknik Dengan Menggunakan Macromedia Flash”. Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP UNS.
Rosnawati, R. (2011). “Kemampuan penalaran matematika peserta didik SMP Indonesia pada TIMSS 2011”. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.
Deswita, Hera. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (Tesis). Padang: Tidak diterbitkan.
Feny Mega, Vistha. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Multimedia Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Peserta didik Smp Kelas VIII”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam, Universitas Negeri Yogyakarta.
Hidayatullah, Priyanto. 2011. Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung : Informatika Bandung.
Hadi Warsono, Nur. 2005. “Modul Teknik Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Macromedia Flash. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam, Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

24-06-2018

How to Cite

Azriah, A. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JARAK DALAM RUANG UNTUK SMA KELAS XII. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 865–869. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.34

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check