Tipologi Hantaran dalam Tradisi Manjapuik Anak Pisang di Nagari Silokek Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung

Authors

  • Len Faria Gusmi Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Sarbaitinil Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Nilda Elfemi Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3405

Keywords:

Tipologi, Hantaran, tradisi

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Tipologi Hantaran Dalam Tradisi Manjapuik Anak Pisang Di Nagari Silokek Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tipologi hantaran yang diberikan induak bako berdasarkan status sosial anak pisang di Nagari Silokek Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Teori yang telah digunakan dalam penelitian ini adalah Menurut stratifikasi sosial yang dikemukakan oleh Max Weber, Max Weber  menyatakan bahwa kelas menengah kebawah dianggap memiliki peranan strategis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pemilihan informan dilakukandengan mengunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara mendalam (indepti interview). Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini mengunakan interaktif yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman yaitu: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (4) Penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sejarah Tradisi Manjapuik Anak Pisang di Nagari Silokek, (2) Tatacara Pelaksanaan Tradisi Manjapuik Anak Pisang, (3) Bentuk Hantaran Yang Diberikan Oleh Induak Bako Kepada Anak Pisang, (4) Tipologi Hantaran Tradisi Manjapuik Anak pisang.

References

A.A Navis. 1984. Alam Takambang Jadi Guru, Adat dan Kebudayaan Minangkabau. Jakarta: Penerbit Grafitipers.

Afrizal, 2008. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Padang: Laboraturi Sosiologi FISIP Unand.

Andriani Meri. 2019. Tradisi Manjapuik Anak di Nagari Sabu Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Universitas Andalas.

Idrus, M. (2019). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: PT. Galora Akasara

Immerry Tienn & Dahlan Femmy. 2017. Baki Bako Pada Kelahiran Anak Pisang: Tali Kekerabatan Induak Bako Anak Pisang. Vol. 20, No. 2, Desember 2017.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rinekacipta.

A. Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif & Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Niman. Dkk. Faktor yang Mempengaruhi Fungsi Sosial. Jurnal Sosial.

Pratama.

Tejokusumo, Bambang. 2014. Dinamika Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol. III, No 1, Maret 2014.

Downloads

Published

24-03-2022

How to Cite

Faria Gusmi, L. ., Sarbaitinil, & Elfemi, N. . (2022). Tipologi Hantaran dalam Tradisi Manjapuik Anak Pisang di Nagari Silokek Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3376–3381. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3405

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check