Evaluasi Kinerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terpusat 20 KWP di Kampung Ampas Distrik Waris Kabupaten Keerom

Authors

  • Yakobus Kariongan Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • Joni Joni Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Cenderawasih, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3426

Keywords:

PLTS, Energi listrik, Performance Ratio

Abstract

Saat ini energi listrik merupakan suatu kebutuhan utama yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan pembangkit listrik energi terbarukan yang bisa membawa pengaruh besar dalam ketersediaan energi untuk masa depan. Distrik Waris Kabupaten Keerom Provinsi Papua, khususnya Kampung Ampas, belum terjangkau adanya ketersediaan energi listrik dari pusat pembangkit listrik atau PLN. Sehingga daerah ini sangat tepat untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pengujian daya dan produksi energi rata-rata harian  pada PLTS, rata-rata energi listrik yang di hasilkan PLTS dan total konsumsi energi  terpusat, potensi energi listrik yang optimum, hasil akhir/finald yield (Yf), performance ratio (PR) melalui simulasi software Homer. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasilkan di PV selama 1 hari sebesar 18,4 kWh total penggunaan energi listrik sebesar 16 kWh.Total energi listrik yang di hasilkan sistem PLTS selama 1 tahun 29.229,2 kWh/tahun total konsumsi energi selama 1 tahun sebesar 7291,51 kWh, energi ideal sebesar 35843 kWh/tahun dengan performance ratio (PR) pada sistem PLTS ini sebesar 81%.

References

Agusthinus.Sampeallo,WellemF.GallaFredyrick MbakurawangAgusthinus S. Sampeallo , Wellem F. GallaFredyrick Mbakurawang. ISSN: 2252-6692 Analisis Kinerja Plts 25 Kwp Di Gedung Laboratorium RisetTerpadu Lahan Kering Kepulauan Undana Terhadap Variasi Beban.

Bambang Winardi, Agung Nugroho 2018. Analisis Ekonomi Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Plts) Di Departemen Teknik Elektro Universitas Diponegoro.

Eriyanto, 2017. Evaluasi Pemanfaatan PLTS Terpusat Siding Kabupaten Bengkayang.

Hakim, A. R. 2015. Pembangkit Listrik Tenaga Surya Fotovoltaik, Malang: Universitas Brawijaya.

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang, 2017. Evaluasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Plts) Skala Rumah Tangga (Shs) Bantuan Pemerintah Kota Batam Di Pulau Geranting Dan Pulau Tumbar Kelurahan Pulau Terong Kecamatan Belakang Padang.

Panji Wijasa Gautama, 2016. Skripsi Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Plts) Sistem Off Grid Dengan Kapasitas 2 Kwp Pada Instalasi Menara Suar Bulukumba.

Tony Koerniawan, Aas Wasri Hasanah 2018. Kajian Sistem Kinerja Plts Off-Grid 1 Kwp Di Stt-Pln.

Vember Restu Kossi, Teknik Elekro 2010, Perencanaan Plts (Off-Grid) Di DusunTikalong KabupatenMempawah.

Downloads

Published

27-03-2022

How to Cite

Kariongan, Y., & Joni, J. (2022). Evaluasi Kinerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terpusat 20 KWP di Kampung Ampas Distrik Waris Kabupaten Keerom. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3591–3598. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3426

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check