Penerapan Aplikasi pada Rumah Dakwa Mulia Privat dalam Dunia Pendidikan

Authors

  • Sumiah Nasution Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3469

Keywords:

Aplikasi, Aplikasi Dakwah, Dunia Pendidikan

Abstract

Bahasa yang terkandung dalam Al-Qur'an adalah bahasa Arab. Hal ini menyebabkan bahasa Arab identik dengan Islam. Oleh karena itu, dibentuklah lembaga kursus bahasa Arab. Salah satunya adalah lembaga kursus bahasa Arab di kota Bekasi, yaitu Rumah Dakwah Privat Mulia. Saat ini, penyelenggaraan Rumah Dakwah Mulia masih menganut sistem manual. Oleh karena itu, penulis berupaya memberikan solusi dengan mengembangkan dan menerapkan alur kerja sistem administrasi yang mampu mengolah data secara cepat dan akurat. Penulis bermaksud membuat suatu aplikasi dengan tujuan untuk merancang suatu sistem administrasi yang dapat digunakan dengan mudah oleh karyawan dan pemilik. Dengan menggunakan metode Waterfall, implementasinya dilakukan secara bertahap dan diharapkan sistem yang dihasilkan akan lebih baik. Dengan menggunakan metode tersebut didapatkan hasil sebagai berikut : Aplikasi administrasi yang telah dibuat dapat memudahkan karyawan dan pemilik dalam mengelola data pada Rumah Dakwah Mulia, Sistem ini dapat mengelola dan mengolah semua data yang diinputkan pada Rumah Dakwah Mulia dengan cepat dan tepat, serta dapat mempermudah pelaporan.

References

Abdurahman, Hasan, and Asep Ririh Riswaya. (2014). “Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti.” JURNAL COMPUTECH & BISNIS 8(2):61–69.

Erri Wahyu Puspitarini, Dian Wahyu Putra, A. Prasita Nugroho,. (2016). “Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan 1(1):26.

Hartami Santi, Indyah. (2021). “ANALISA PERANCANGAN SISTEM - Google Books.” Retrieved August 12.

Hermawan, Acep. (2011). “Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab / Acep Hermawan?; Pengantar, Chaidar Alwasilah?; Editor, Anang Solihin Wardan | OPAC Perpustakaan Nasional RI.

Indrajani. (2015). “Database Design - Google Books.” Retrieved August 12.

Jogiyanto. (2013). Analisis & Desain Sistem Informasi?: Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Kadir, Abdul. (2013). Pemrograman Database MySQL Untuk Pemula. Yogyakarta: Mediakom.

Maya. (2021). “Membangun Sistem Informasi Dengan Java NetBeans Dan MySQL?: Panduan Aplikasi & Solusi (PAS) / Editor, Maya | OPAC Perpustakaan Nasional RI. 2015” Retrieved August 12

Sri Mulyani. (2021) “Metode Analisis Dan Perancangan Sistem - Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., CA. - Google. 2016, Retrieved August 12.

Vico, Hisbanarto &. Yakub. (2021). “Sistem Informasi Manajemen Pendidikan/ Yakub, Vico Hisbanarto | OPAC Perpustakaan Nasional RI. 2014. ” Retrieved August 12.

Downloads

Published

28-02-2022

How to Cite

Nasution, S. . (2022). Penerapan Aplikasi pada Rumah Dakwa Mulia Privat dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3884–3890. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3469

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check