EKSISTENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DI TK

Main Article Content

Yolanda Mustika Fitri
Farida Mayar

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini memegang peranan yang sangat penting dan menentukan bagi sejarah perkembangan anak selanjutnya karena merupakan fondasi dasar bagi kepribadian anak. Anak yang mendapatkan pembinaan yang tepat dan efektif sejak usia dini akan dapat meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan fisik dan mental yang akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar, etos kerja dan produktivitas sehingga mampu mandiri dan mengoptimalkan potensi dirinya. Oleh karena itu anak membutuhkan binaan, bimbingan, dan arahan oleh seorang guru yang berkompetensi di bidangnya. Guru merupakan salah satu komponen terpenting dalam dunia pendidikan. Sebab baik buruknya atau berhasil tidaknya pendidikan terletak di tangan seorang guru. Dimana seorang guru dituntut dapat mengembangkan seluruh aspek-aspek perkembangan anak salah aspek yang harus dikembangkan adalah pengembangan kreativitas anak. Kreativitas adalah kemampuan untuk memikirkan sesuatu dengan cara yang baru dan tidak biasa serta melahirkan solusi yang unik terhadap masalah yang dihadapi. Eksistensi guru menjadi bagian terpenting yang tidak dapat dipisahkan dari satu kesatuan interaksi pedagogis dalam sistem pengelolaan pengajaran pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fitri, Y., & Mayar, F. (2019). EKSISTENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DI TK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1227-1233. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/347

References

Akbarjono, A. (2018). Eksistensi Guru dalam Penanaman Nilai Pendidikan Islam Multikultural di Era Milenial. 17, 174.
Asmawati, L. (2017). tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I pasal 1 ayat 14 berbunyi : ’’ ilmiah Howard Gardner melalui memahami dunia melalui perkembangan jasmani dan rohani. 11(4), 145–164.
Dwi, M., Anindya, Y., & Prasetiyawati, D. (2019). Pengaruh kegiatan kolase kulit jagung warna terhadap kreativitas anak tk b. 8, 156–162.
Ismaniar, & Hazizah, N. (2018). Buku Ajar Pelatihan Kreativitas Deu-Coupage.
Mulyasa. (2014). Manajemen PAUD.
Puspita, Mefrie & Ulfa, M. (2018). Pengasuhan orang tua dengan kreativitas anak prasekolah di TK Al-Azhar Kota Jambi. 7(2), 3–9.
Rachmawati, Yeni & Kurniatai, E. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak USia Dini stimulasi & Aspek Perkembangan Anak.
Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak USia Dini (konsep dan Teori).
Uang, Y., & Halmahera, U. (2016). Menakar Eksistensi Guru : Antara Konsep dan Realita dalam Standar Proses Pembelajaran. 207.
Untari, S. (2016). Hubungan Eksistensi Guru di Masyarakat dengan Kualitas Guru dalam Perannya Sebagai Pendidik Pada Guru-Guru Se-Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun 2016. 1, 38.
Utomo, K. B. (2014). Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Metode Ekspresi Bebas Berbasis Anak Dalam Rangka Mengembangkan Potensi Kreatif Anak Tk Dengan Optimal. 24, 17.
Wahyuddin. (2007). A To Z Anak Kreatif.
Widhiastuti, H. (2014). Big Five Personality sebagai Prediktor Kreativitas dalam Meningkatkan Kinerja Anggota Dewan. 41(1), 115–133.