Analisis Sistem dan Prosedur Penerimaan Kas Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Medan

Authors

  • Zulhamidah Zulhamidah Program Studi Akuntansi Syariah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Juliana Nasution Program Studi Akuntansi Syariah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3479

Keywords:

Sistem, Prosedur, PAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem dan juga prosedur penerimaaan pendapatan asli daerah yang dilaksanakan di Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Medan. Sistem dan prosedur adalah tahapan atau alur penerimaan pendapatan dari pengumpulan data hingga proses data dengan pedoman pengelolaan keuangan daerah dan peraturan pemerintah yang diterapkan sehingga dapat dinilai apakah sudah sesuai atau belum. Data yang dikelola dalam penelitian ini adalah sistem dan prosedur penerimaan pendapatan asli daerah yang ada di badan pengelolaan pajak dan retribusi daerah kota Medan. Analisis data dan pembahasan dilaksanakan dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan pengumpulan dan menganalisis teori dari berbagai sumber dan para ahli sebagai literatur, hingga teori-teori tersebut dikaitkan dengan penerapan yang telah diterapkan pada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Medan dalam proses penerimaannya.

References

Dendeng, W.F., Elim, Inggriani dan Wokas, H.R.N., (2020). Evaluasi Prosedur Pengeluaran Kas Dengan Menggunakan Uang Persediaan pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Manado. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, Februari 2020, pp.48-54.

Hamzani, H., Arifin, M. A., & Putra, P. S. (2021). Analisis Sistem dan Prosedur Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Palembang. Jurnal Media Akuntansi (Mediasi), 3(2), 171–181.

Linngga, S. (2018). Analisis Sistem dan Prosedur Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Sebagai Sarana Penunjang Efektivitas Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (Pada Badan Pengelola Pendapatan Daerah). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mamintade, C. F., Sondakh, J., & Mawikere, L. (2019). Evaluasi Penerapan Sistem dan Prosedur Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1).

Pakaila, B. (2021). ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PEMUNGUTAN RETRIBUSI PARKIR GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA SORONG. PELUANG, 15(1).

Polii, J. J., Elim, I., & Pusung, R. (2018). Analisis Sistem Dan Prosedur Penerimaan Kas Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pada Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kota Manado. GOING CONCERN: JURNAL RISET AKUNTANSI, 13(04).

Pemerintah Indonesia. 2019. Peraturan Pemerintah No. 12 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah. Jakarta : Sekretariat Negara.

Pemerintah Indonesia. 2020. Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 77 Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah. Jakarta : Sekretariat Negara.

Wahyuni, iF. i(2021). iAnalisis iSistem iPemungutan iPajak iHiburan iSebagai iUpaya iPeningkatan iPendapatan iAsli iDaerah iPada iKabupaten iBondowoso i(Study iKasus iPada iKantor iPendapatan iDaerah iBondowoso). iUniversitas iMuhammadiyah iJember.

Downloads

Published

01-04-2022

How to Cite

Zulhamidah, Z., & Nasution, J. . (2022). Analisis Sistem dan Prosedur Penerimaan Kas Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3949–3958. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3479

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check