ANALISA MANFAAT SENI UNTUK MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Dewi Nilam Sari Postgraduate, Indonesia
  • Farida Mayar Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Aini Hijriani Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v3i6.359

Keywords:

seni, perkembangan anak, anak usia dini

Abstract

Masa usia 4-6 tahun diidentikkan sebagai masa usia dini karena pada saat ini anak sudah dianggap cukup mampu untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan baik secara fisik maupun mental. Mengingat perkembangan utama yang terjadi selama masa usia dini sering disebut sebagai usia penjelajah yaitu masa penguasaan dan pengendalian lingkungan. Maka, pada masa ini anak-anak ingin selalu mengetahui keadaan lingkungannya, bagaimana mekanisme kerja dari sesuatu, bagaimana perasaannya, dan bagaimana anak mampu menjadi bagian dari lingkungan.Setiap anak dilahirkan dengan keunikan sendiri, mereka memiliki kemampuan atau keterampilan yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga anak telah membawa sejumlah potensi yang terdapat dalam dirinya.Potensi tersebut meliputi berbagai imajinasi yang menjadikan kreativitas anak menjadi berkembang.Imanisi bisa digukan untuk meningkatkan serta mengoptimalkan perkembangan mereka.Salah satunya dengan kegitan seni. Berbagai kegiatan seni dirasa mampu meingkatkan berbagai aspek perkembangan lainnya, seperti kognitif,  motoric dan moral.

References

Departemen Pendidikan Nasional.(2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Dewi, Ni Komang S.C., Suyanta, I Wayan. (2018). Pembelajaran seni dan teknologi digital sebagai media belajar dan perkembangan anak usia dini. Pramata Widya, Vol.3. No. 1.

Hamruni. (2009). Edutaiment dalam Pendidikan Islam dan Teori-Teori PembelajaranQuantum. Yogyakarta : Fak. Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Hildayani, Rini.(2005). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Jamalus.(1988). Panduan Pengajaran buku Pengajaran musik melalui pengalamanmusik.Proyek pengembangan Lembaga Pendidikan. Jakarta.

Rachmawati, Yeni. (2005) Musik sebagai pembentuk budi pekertu.Yogyakarta : Panduan press.

Santoso.2007 Santoso S., (2006). Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini MenujuAnak yang Sehat dan Cerdas Melalui Permainan. Jurnal Pendidikan Penabur. TahunV (7)

Suyadi.(2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. Bandung: Rosdakarya.

Suyanto. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini : Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Yulianti, Ratna. (2016). Pembelajaran tari kreatif untuk meningkatkan pemahaman cinta lingkungan pada anak usia dini. Jurnalo pendidikan dan kajian seni.Vol 1 No 1.

Downloads

Published

22-12-2019

How to Cite

Sari, D. N., Mayar, F., & Hijriani, A. (2019). ANALISA MANFAAT SENI UNTUK MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1359–1364. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i6.359

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.