Analisis Pelayanan Jalan Soekarno-Hatta Sebelum dan Sesudah Penerapan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) dalam Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kota Bandung

Authors

  • Marselly Dwiputri Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Rafi Mentari Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Sarah Aisha Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3590

Keywords:

AKB, Kapasitas Jalan, Lalu lintas, VCR

Abstract

Kemacetan pada ruas jalan Soekarno-Hatta yang merupakan jalan arteri primer kota Bandung dapat menimbulkan kerugian materiil maupun in-materiil akibat waktu tempuh yang lama, dampak dari kemacetan tersebut dapat mempengaruhi berbagai aktivitas masyarakat Kota Bandung. Dengan pesatnya pertumbuhan lalu lintas harus diimbangi pula dengan peningkatan sarana dan prasarana transportasi yang memadai agar tidak menimbulkan hambatan dan kemacetan jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pelayanan jalan pada ruas jalan Soekarno-Hatta dan mengetahui kapasitas jalan pada lalu lintas dua lajur dua arah di lokasi penelitian sebelum dan sesudah AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19. Berdasarkan tinjauan kinerja jalan dalam menampung volume kendaraan pada siang dan sore hari pada hari biasa dan hari libur, terdapat perbedaan volume lalu lintas kendaraan dan tingkat pelayanan lalu lintas kendaraan sebelum dan sesudah pelaksanaan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru), kapasitas jalan eksisting di jalan Soekarno-Hatta sebelum penerapan AKB melebihi batas pelayanan yang seharusnya, dimana tingkat pelayanan sudah berada pada level D, sedangkan setelah penerapan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) tingkat pelayanan lalu lintas berubah menjadi level B. Perlu diterapkan strategi TDM (Transport Demand Management) untuk mengatasi permasalahan terkait volume dan pelayanan lalu lintas Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung.

References

F. Margareth, Melisa. Papia J.C. Franklin. Warouw, “Studi Perencanaan Wilayah & Kota Universitas Sam Ratulangi Manado,” Univ. Sam Ratulangi Manad., vol. 5, no. 2, pp. 220–228, 2018.

A. Alhadar, “Analisis Kinerja Jalan dalam Upaya Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas pada Ruas Simpang Bersinyal di Kota Palu,” J. SMARTek, Nop. 2011, vol. 9, no. 4, pp. 327–336, 2011.

L. A. Widari, S. J. Akbar, and R. Fajar, “ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALAN (Studi Kasus Jalan Medan–Banda Aceh km 254+800 s.d km 256+700),” Teras J., vol. 5, no. 2, pp. 89–98, 2021.

P. Priyambodo, “Analisis Aksesibilitas Dan Level Of Service Angkutan Jalan Lintas Surabaya – Kediri,” War. Penelit. Perhub., vol. 27, no. 2, p. 129, 2019.

MKJI, 1997. Manual Kapasaitas Jalan Indonesia (MKJI). Republik Indinesia Direktorat Jendral Bina Marga Direktorat Bina

Downloads

Published

13-04-2022

How to Cite

Dwiputri, M. ., Mentari, R. ., & Aisha, S. . (2022). Analisis Pelayanan Jalan Soekarno-Hatta Sebelum dan Sesudah Penerapan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) dalam Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4572–4582. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3590

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check