Tipografi pada Kumpulan Sajak Doa Langit Mekar Cinta Laut Karya Abdul Kadir Ibrahim

Authors

  • Tasyah Trinanda Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau, Indonesia
  • Elmustian Elmustian Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau , Indonesia
  • Elvrin Septyanti Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3647

Keywords:

Puisi, Doa Langit Mekar Cinta Laut, Tipografi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana tipografi pada kumpulan sajak Doa Langit Mekar Cinta Laut, karya Abdul Kadir Ibrahim. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan Close Reading. Data pada penelitian ini, yaitu kumpulan sajak pada buku Doa Langit Mekar Cinta Laut, karya Abdul Kadir Ibrahim. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu buku Doa langit Mekar Cinta Laut karya Abdul Kadir Ibrahim, pada paruhan pertama yang terdiri dari 67 sajak puisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui teknik dokumentasi dan teknik catat.  Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan tiga jenis tipografi pada kumpulan sajak Doa Langit Mekar Cinta Laut, yakni (1) tipografi diciptakan sebagai mempertegas teks atau serangkaian kata dan kalimat keseluruhan pada suatu puisi, (2) tipografi diciptakan sebagai penafsiran atau pemaknaan suatu puisi, dan (3) tipografi yang diciptakan semata-mata sebagai gambar, penghias, dan membuat daya tarik pada suatu puisi.

References

Asyifa, N. dan Vera, S.P. (2018). Kajian Ekologi Sastra (Ekokritik) dalam Antologi Puisi Nerupa Tanah di Ujung Timur Jawa. FKIP e-PROCEEDING, 195-206.

Citraningrum, Dina Merdeka. (2016). Menulis Puisi Dengan Teknik Pembelajaran Yang Kreatif. BELAJAR BAHASA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).

Elmustian dan Abdul Jalil. (2004). Teori Sastra. Pekanbaru: Unri Press.

Elmustian. (2016). Karakter Bangsa dalam Komponen Sastera (komsas) Bahasa Indonesia: Satu Kajian Deskriptif. Disertasi S-3. Fakulti Pendidikan Universiti Kebangsaan Malaysia: Bangi.

Hawa, Masnuatul. (2017). Teori Sastra. Yogyakarta: Deepublish.

Ibrahim, Abdul Kadir. (2016). Doa Langit Mekar Cinta Laut. Yogyakarta: Akar Indonesia.

Iswari, D. A. dan Dian Indihadi. (2021). Analisis Tipografi Tulisan Puisi Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3).

Jabrohim. (2003). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakata: Hanindita Graha Widya.

Kosasih. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa. Bandung: Yrama Widya.

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi: Bagaimana Meneliti & Menulis Tesis?. Jakarta: Erlangga.

Mukhlis. (2020). Teknik Penulisan Puisi Teori Aplikasi dan Pendekatan. Jakarta: PT Metaforma Internusa.

Purbani, W. (2010). Metode Penelitian Sastra. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada 22 April 2022.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suroto. (1989). Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Tarigan, H. Guntur. (1984). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

23-04-2022

How to Cite

Trinanda, T., Elmustian, E., & Septyanti, E. (2022). Tipografi pada Kumpulan Sajak Doa Langit Mekar Cinta Laut Karya Abdul Kadir Ibrahim . Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7922–7931. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3647

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check