Peran Program Asimilasi dalam Upaya Pemulihan Hubungan dengan Masyarakat

Authors

  • Johari Tri Wibowo Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Indonesia
  • Mitro subroto Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3651

Keywords:

Integrasi, Community Based Correction, Pemulihan Hubungan

Abstract

Dalam upaya meintegrasikan pelanggar hukum dengan masyarakat, di dalam lembaga pemasayarakatan yang bertujuan untuk memulihan hubungan baik maka perlu adanya pola pembinaan yang berhubungan antara pelanggar hukum dan masyarakat. hal ini juga berkitan dengan unsur  program pembinaan terdiri dari  : petugas, pelanggar hukum, dan masyarakat. konsep yang tepat untuk mengembalikan hubungan baik antara pelanggar hukum dan masyarakat dapat dilakukan dengan program pembinaan yang berbasis community based correction yang mana dalam hal ini masyarakat memiliki peran dalam progam pembinaan pelanggar hukum. Metode yang dapat di kategorikan sebagai upaya penerapan community based correction bagi pelanggar hukum dan masyarakat dapat berupa program asimilasi kerja diluar tembok maupun asimilasi rumah. Hal ini tentunya sesuai dengan konsep pemasyarakatan yang menitik beratkan kepada pemulihan hubungan hidup,  kehidupan, dan penghidupan pelanggar hukum.

References

Undang undang No 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan

Peraturan Pemerintah No 31 Tahun 1999 Tentang Pembinaan dan pembimbingan warga binaan pemasyarakatan

Penmenkumham no 21 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19

Arsheldon, Samuel, Supriardoyo Simanjuntak, and Kornelius Benuf. 2020. “Strategi Antisipasi Over Kapasitas Lapas Suatu Refleksi Atas Kebijakan Pencegahan Penyebaran Covid-19.” ADLIYA: Jurnal Hukum dan Kemanusiaan 14(1): 1–26.

Asisah. 2015. “Program Reintegrasi Sosial Pada Warga Binaan Pemasyarakatan Di Lapas Klas Ii A Narkotika Cipinang Jakarta.” : 127.

Asmaratama, Diki. 2015. “Proses Reintegrasi Warga Binaan Pemasyaraktan Di Balai Pemasyarakatan Klas Ll Mataram.” Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang 3: 103–11.

Darwis, Abdul Malik Fajar. 2020. “Penerapan Konsep Community Based Correction Dalam Program Pembinaan Di Lembaga Pemasyarakatan.” Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial 6(1): 01.

Etnik, Interaksi Antar. “Akulturasi Dan Asimilasi Dalam Konteks Interaksi Antar Etnik.”

Gurupendidikan.com. 2022. “Pengertian Asimilasi.” https://www.gurupendidikan.co.id/asimilasi-adalah/.

Paramarta, Y ambek. 2014. Sistem Pemasyarkatan. pertama. ed. andi wijaya rivai. Jakarta: Lembaga Kajian Pemasyarkatan.

Surjobroto, Baharudin. Bunga Rampai Pemasyarakatan.

Downloads

Published

24-04-2022

How to Cite

Wibowo, J. T. ., & subroto, M. . (2022). Peran Program Asimilasi dalam Upaya Pemulihan Hubungan dengan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 79941–7947. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3651

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check