Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Supervisi Kepala Sekolah di SD Negeri 060868 Kecamatan Medan Timur

Authors

  • Dahliana Panjaitan SD Negeri 060868 Medan Timur , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.3688

Keywords:

Kualitas Pembelajaran, Supervisi dan Kepala Sekolah

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: sejauh mana efektivitas supervisi kepala sekolah dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru dan sejauh mana peningkatan kemampuan kepala sekolah melakukan supervisi kepala sekolah. Manfaat Penelitian adalah (1) Untuk meningkatkan profesionalisme guru. (2) Untuk meningkatkan  profesionalisme kepala  sekolah melakukan pembinaan terhadap guru. (3) Untuk memberikan motivasi kepada guru melakukan penelitian tindakan. Penelitian dilakukan berdasarkan Model Tindakan Sekolah yang dilaksanakan melalui tiga siklus dengan prosedur: Planning/ Perencanaan, Acting/ Tindakan, Observing/ Pengamatan, dan Reflekting/ Refleksi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif. Aspek-aspek kelemahan tindakan pada setiap siklus akan direfleksikan sebagai bahan perbaikan pada siklus berikutnya. Setelah penelitian Tindakan dilaksanakan, diperoleh hasil: (1) Kemampuan guru menyusun RPP mengalami perbaikan dari kategori cukup mampu dengan nilai rata-rata 2,6 pada siklus I menjadi kategori mampu dengan nilai rata-rata 3,4 pada siklus II. (2) Kemampuan mengajar guru  mengalami perbaikan dari kategori cukup mampu dengan nilai rata-rata 2,86 pada siklus I menjadi kategori mampu dengan nilai rata-rata 3,3 pada siklus II. (3) Kemampuan guru melakukan stimulasi belajar mengalami perbaikan dari kategori mampu dengan nilai rata-rata 3,20 pada siklus I menjadi nilai rata-rata 3,6 pada siklus II. Karena itu disarankan kepada Kepala sekolah di Kota Medan agar termotivasi melakukan penelitian tindakan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah binaannya. Kemudian Kepada guru-guru disarankan agar melakukan penelitian tindakan untuk meningkatkan kualitas mengajarnya.

References

Arikunto, Suharsimi. Februari 2000. Manajemen Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

FIP UNIMED, 2001, Manajemen Kelas, Medan.

Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru, Jakarta, Depdiknas.

Rostiyah, N.K. 1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bina Aksara.

Sanjaya. W. 2009. Prencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran, Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Sudarman, Danin. Mei 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Surakhmad, Wanarno. 2009. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas

Tu'u, Tulus. 2004. Per an Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta. PT. Grasindo. Anggota IKAPI.

Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru, Jakarta, Depdiknas

Downloads

Published

29-04-2021

How to Cite

Panjaitan, D. . (2021). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Supervisi Kepala Sekolah di SD Negeri 060868 Kecamatan Medan Timur . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2633–2640. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.3688

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check